Media Contact

  • Corporate Secretary
  • Arya Dwi Paramita
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 135

Head Office

  • Address: Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone: (021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

PHI Berhasil Selesaikan Tahapan Evaluasi Flow Quantity Assurance (FQA) Tahun 2022

Posted on 19-Nov-2022 05:38

Bogor – PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) bersama SKK Migas dan Kementerian ESDM, serta Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) telah menyelesaikan Rapat Evaluasi Flow Quantity Assurance (FQA) Regional Kalimantan untuk Wilayah Kerja (WK) PHM, PHSS, dan PHKT pada 25-27 Oktober 2022 di Bogor. 

PHI Berhasil Selesaikan Tahapan Evaluasi Flow Quantity Assurance (FQA) Tahun 2022

Bogor – PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) bersama SKK Migas dan Kementerian ESDM, serta Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) telah menyelesaikan Rapat Evaluasi Flow Quantity Assurance (FQA) Regional Kalimantan untuk Wilayah Kerja (WK) PHM, PHSS, dan PHKT pada 25-27 Oktober 2022 di Bogor.

Evaluasi FQA yang diadakan secara bersama untuk tiga WK ini melibatkan peran lintas fungsi dari Regional Kalimantan, diantaranya Production, Operation Surface Facility, Commercial, Finance, Quality Management, ICT, Sub-surface, Field TDM serta Internal Audit. Dengan kolaborasi, sinergi, serta dedikasi yang sangat baik oleh peserta lintas fungsi ini membuahkan hasil yang sangat memuaskan, yaitu Hijau – Extraordinary Result (EOR) untuk WK PHM, PHSS, dan PHKT. 

Berdasarkan Kepmen ESDM No 30.K/HK.02/MEM.M/2021 setiap KKKS diharuskan untuk melaksanakan evaluasi FQA dan tahun ini SKK Migas mengharapkan bahwa penyelesaian tahapan Evaluasi FQA Maturity 1 sampai 5 untuk tahun 2022 yang merupakan evaluasi terhadap data produksi 2020 bisa dilakukan pada Oktober 2022.

Sistem Jaminan Kuantitas (Quantity Assurance) adalah standar yang menetapkan persyaratan umum dan memberikan panduan untuk transparansi dan akuntabilitas penyajian data/ informasi kuantitas terkait operasional sistem alir yang digunakan untuk optimalisasi bisnis dan menunjukkan kepatuhan dengan persyaratan dan kebutuhan pemangku kepentingan. Sistem tersebut telah dibakukan dalam SNI 9040:2021. 

Senior Manager Production Regional Kalimantan, Budi Srisantoso, yang mewakili management PHI menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada coordinator FQA Regional Kalimantan dari tim Production Operations (Rahma dan Romy), PHM (Adhia “James” Utama dan tim), PHSS (Yanyan, Dimas dan tim), dan PHKT (Andrie, Aditya, dan tim). Budi pun menyampaikan penghargaan atas dukungan tim komersial dan finance yang telah bekerja keras sehingga dapat memperoleh hasil tersebut.

Keberhasilan PHI ini menandakan bahwa Regional Kalimantan secara keseluruhan telah menyelesaikan tahapan Evaluasi FQA Maturity 1 sampai 5 untuk tahun 2022. Saat ini Lembar Hasil Pemeriksaan (LHP) dari masing-masing WK sedang dalam tahap finalisasi.

Hadir dalam kegiatan ini tim SKK Migas selaku Tim Pengawas dan Evaluator Jaminan Quantitas (QA), diwakili Sutrisno (VP Operasi) dan tim FQA terkait, Pusdatin ESDM diwakili Farida Lasnawatin, Ditjen Migas diwakili Rezki Dwinda, serta Stranas PK sebagai evaluator, diwakili Indra Gunawan, Muhammad Salman, dan IGN Suyasa. Management Pertamina diwakili oleh Budi Srisantoso, Albertino Prabowo, dan Tetrin Magistra Makin dari Regional Kalimantan, Adam Hirsaman dari Zona 8, Darmapala, Djoko Soeseno dan Ade Diar Suhendar dari Zona 9, serta Hanif Setiawan dan Suwantono Widji dari Zona 10. 

Mengingat pentingnya proses evaluasi FQA dalam mendukung keberhasilan operasi dan bisnis hulu migas maka kegiatan Evaluasi FQA ini akan berjalan secara berkesinambungan, dimana penyempurnaan dokumen teknis dan dokumen control diharapkan terus berlanjut serta menjadi continuous practice pada seluruh fungsi di Regional Kalimantan dan Zona 8, 9 dan 10.
--