Home  |  Contact  |  WebMail
HSE
office
Head Office
Jalan TB. Simatupang Kav 99
Jakarta Selatan 12520
Telp : (62)(21)29547000
Fax : (62)(21)29547086

 KEGIATAN HEATH, SAFETY & ENVIRONMENT

1. Management Walk Through (MWT)

Kegiatan inspeksi berkala yang harus dilakukan oleh Top Management sampai Middle Management ke unit-unit operasi sebagai realisasi komitmen dan keteladanan management guna meningkatkan kepedulian dan kesadaran pekerja terhadap aspek HSE.

Description: H:\CICI PINK\101MSDCF\DSC00058.JPG

Gambar 1. MWT yang dilaksanakan oleh Direktur Keuangan PHE, GM JOB Pertamina-Talisman Jambi Merang,  Manager Asset serta HSE PHE. (MWT di Lapangan S. Kenawang, JOB P-TJM).

 2. HSE Visit
Kegiatan  Kunjungan dan inspeksi yang dilakukan oleh fungsi HSE (Health Safety) beserta bagian HSE dan operasi JOB/BOB/PHE ONWJ/PHE Randugunting/PHE WMO, yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian serta kesadaran (HSE Awareness) di JOB/BOB/PHE ONWJ/PHE Randugunting/PHE WMO.

 3. Safety Stand Down/Lesson Learned
Kunjungan dan inspeksi yang dilakukan oleh fungsi HSE (Health Safety Environment) beserta bagian HSE dan operasi JOB/BOB/PHE ONWJ/PHE Randugunting/PHE WMO, yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian serta kesadaran (HSE Awareness) di JOB/BOB/PHE ONWJ/PHE Randugunting/PHE WMO.

 4. HSE Campaign
Dengan broadcast Pesan-pesan HSE serta tips HSE kepada seluruh pekerja di PHE Kantor Pusat dan JOB/BOB/PHE ONWJ/PHE Randugunting/PHE WMO.

PENGHARGAAN TERHADAP ASPEK HSE
 
Penerapan aspek Health, Safety and Environment (HSE) secara sempurna adalah keniscayan bagi perusahaan berkelas dunia. Bagi PHE, komitmen tinggi perusahaan terhadap HSE terwujud dalam dukungan setiap pihak dalam membudayakan HSE di lingkungan kerja pada setiap kegiatan operasinya. Dalam upaya mencapai HSE Operation Excellence, PT Pertamina (Persero) sebagai induk perusahaan mengeluarkan kebijakan HSE agar terlaksananya sistem pengelolaan HSE yang terintegrasi dengan kegiatan operasi yang aman, andal, efisien dan berwawasan lingkungan. Kebijakan tersebut menghimbau agar seluruh manajemen lini maupun para pekerja agar bersungguh-sungguh dalam :
  Memberikan prioritas pertama untuk aspek Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan.Mengidentifikasi potensi bahaya dan mengurangi resikonya serendah mungkin untuk mencegah terjadinya insiden.
  1. Menggunakan teknologi terbaik untuk mengurangi dampak dari kegiatan operasi terhadap manusia, aset dan lingkungan.
  2. Menjadikan kinerja Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan dalam penilaian dan penghargaan terhadap semua pekerja.
  3. Meningkatkan kesadaran dan kompetensi pekerja agar dapat melaksanakan pekerjaan dengan benar dan aman.
  4. Menciptakan dan memelihara harmonisasi hubungan dengan stakeholder di sekitar kegiatan usaha untuk membangun kemitraan yang saling menguntungkan.
Kami sadar bahwa setiap kegiatan usaha terutama di bidang energi berpotensi menimbulkan dampak/risiko bahaya yang dapat berakibat negatif atau fatal terhadap pekerja, aset, dan lingkungan hidup. Berbagai usaha terus dilakukan untuk meminimalisasi dampak-dampak tersebut. Selain itu perusahaan juga terlibat secara aktif dalam menyosialisasikan prinsip-prinsip HSE demi meningkatkan kepedulian pekerja dan pekarya terhadap aspek HSE. Hal itu antara lain dilakukan melalui Management Walk through dengan melibatkan BOD, Fungsi HSE serta manajemen lini di JOB/BOB/PHE ONWJ/PHE Randugunting/PHE WMO. Keseluruhan usaha itu membawa hasil baik, buktinya dapat dilihat dengan diperolehnya beberapa penghargaan terkait aspek HSE, di antaranya adalah :

Perhargaan dalam bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (Health and Safety).

Sebagai bukti komitmen perusahaan terhadap aspek Health and Safety, PHE menerima perhargaan dari Bupati Tuban untuk kategori pelaksanaan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja hingga mencapai 2.213.450 jam kerja karyawan tanpa kecelakaan kerja (Zero Accident) yang diterima oleh JOB-Pertamina Petrochina East Java pada tahun 2009 dan 12 juta jam kerja tanpa LTI (Lost Time Incident) dan RIF (Recordable Injury Frequency) oleh PHE ONWJ.

Penghargaan Penilaian HSSE Pertamina (Persero).

1. JOB P-Petrochina East Java » Patra Adikriya Bhumi Utama

2. JOB P-Talisman Ogan Komering » Patra Adikriya Bhumi Madya

3. JOB P-Medco Tomori Sulawesi » Patra Adikriya Bhumi Madya

 Description: design khusus pertamina_final
 
Patra Adhikriya Bhumi Utama   Patra Adhikriya Bhumi Madya  Patra Adhikriya Bhumi Pratama

Perhargaan dalam bidang Lingkungan 

Penerapan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER-LH) telah dijadikan instrumen untuk penilaian kinerja perusahaan dalam mengelola lingkungan. Hal ini merujuk pada Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No.: 128/MENLH tahun 2008 dimana hal tersebut bersifat mandatory (wajib) bagi kegiatan Migas dan Manufaktur.

Sebagai bukti dari komitmen perusahaan terhadap aspek Lingkungan (Environment), PHE menerima penghargaan PROPER (Periode 2009-2010).

Description: D:\Pictures\PROPER JOB PPEJ.png




PROPER HIJAU
, oleh :
- PHE West Offshore Madura (WMO)


PROPER Biru
, oleh :
1. JOB Pertamina-Petrochina East Java
2. JOB Pertamina-Talisman Ogan Komering
3. JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi
4. JOB Pertamina-Costa Internasional Group Ltd.
5. BOB Pertamina-Bumi Siak Pusako
6. PHE Offshore North West Java

 


Di samping itu pada bulan Oktober 2009 telah dilaksanakan PHE HSE Partisipaton Program – Edisi Oktober 2009. Penghargaan diberikan pada 11 Desember 2009 kepada 5 pekerja PHE yang memenangkan program tersebut dan diserahkan langsung oleh Direktur Utama PHE.

Contractor Safety Management System (CSMS)

Implementasi Contractor Safety Management System (CSMS) dengan baik diseluruh wilayah kerja PT Pertamina (Persero) merupakan salah satu komitmen dari Direktur Utama PT. Pertamina (Persero) yang juga menjadi komitmen dari seluruh Anak Perusahaan PT Pertamina (Persero). PT Pertamina Hulu Energi dalam hal ini turut serta mendukung dan memiliki komitemen yang sama bahwa seluruh wilayah kerja PT Pertamina Hulu Energi.

Beberapa wilayah kerja PT Pertamina Hulu Energi telah menunjukkan hasil yang baik dan penerapan CSMS yang telah dilaksanakan secara rutin. Salah satunya adalah PHE ONWJ (Offshore North West Java) yang mendapatkan Constractor Safety Management System (CSMS) Award dari PT. Pertamina (Persero) dimana PHE ONWJ telah menerapkan CSMS dalam kegiatannya secara rutin dan baik.



 





 

Copyright 2010 by PT. Pertamina Hulu Energi