Home  |  Contact  |  WebMail
Berita
office
Head Office
Jalan TB. Simatupang Kav 99
Jakarta Selatan 12520
Telp : (62)(21)29547000
Fax : (62)(21)29547086
17

Surabaya – Acara yang berlangsung selama dua hari (8-9 Mei 2018 ) diawali dengan laporan Ketua Panitia yaitu  SCM Performance & Support Manager PHE, Syahrial untuk menjelaskan mengenai pelaksanaan Vendor Day Bersama Area Jabanusa 2018, yang mengangkat tema “Peningkatan Kapasitas Lokal Menuju Kapasitas Nasional Melalui Sinergi Antara KKKS- Vendor”. Acara ini dihadiri 600 peserta yang terdiri dari 495 peserta perwakilan dari lebih 250 vendor, SKK Migas dan perwakilan KKKS Jawa Bali Nusa Tenggara (Jabanusa).

VP Supply Chain Management PHE Iman Bastari dalam sambutannya menyampaikan pentingnya hubungan kemitraan yang baik antara KKKS dengan vendor.

Terkait dengan tema yang diangkat, Iman menyampaikan bahwa vendor lokal memiliki kesempatan yang lebih besar untuk berperan di tingkat nasional sehubungan dengan:

  • Penerapan  PTK 007 revisi 4 yang memprioritaskan vendor lokal sebagai pelaksana kontrak dengan nilai sampai dengan USD 1 juta.
  • Penerapan sistem CIVD (Centralized Integrated Vendor Database) yang membuka kesempatan vendor lokal  untuk mendaftar dan dikenal oleh seluruh KKKS di Indonesia.
  • Workshop dan sharing knowledge/sosialisasi yang diberikan oleh KKKS.
Lebih lanjut Iman juga mengungkap data mengenai peran vendor lokal di PHE WMO yang mengalami peningkatan signifikan sebagai pelaksana kontrak dalam 3 tahun terakhir.

Sementara itu saat memberikan keynote speech Deputi Pengendalian Pengadaan SKK Migas, Tunggal, mengingatkan peserta, apa yang menjadi target dari pemerintah sekaligus harapan kepada para vendor. “Keinginan Pemerintah adalah mempertahankan produksi migas nasional. Kaitannya dengan Vendor Day adalah mendidik vendor lokal untuk dapat bersaing di tingkat nasional. Karena vendor-vendor inilah yang akan mendukung KKKS menjalankan kegiatan eksplorasi, hingga operasi produksi. Sehingga secara tidak langsung, dengan vendor yang kompeten, akan mendukung kapasitas nasional” pungkasnya.

Acara makin menarik dengan pemberian paparan SKK Migas mengenai Pengelolaan Rantai Suplai Kegiatan Usaha Hulu Migas, yang mengundang keingintahuan peserta untuk berdiskusi.  Tak hanya itu, beberapa KKKS juga memberikan penghargaan kepada sejumlah vendor yang berprestasi. Sedangkan di hari kedua , para vendor mengikuti  workshop yang mengangkat beberapa topik diantaranya adalah TKDN dan  CIVD.

[Ardianti]

Copyright 2010 by PT. Pertamina Hulu Energi