Home  |  Contact  |  WebMail
Berita
office
Head Office
Jalan TB. Simatupang Kav 99
Jakarta Selatan 12520
Telp : (62)(21)29547000
Fax : (62)(21)29547086
14

Balikpapan – Tidak dapat dipungkiri bahwa industri migas merupakan salah satu penyumbang devisa terbesar Indonesia, tapi apakah sumbangsih dari industri ini juga berkontribusi terhadap kelestarian budaya di sekitar wilayah operasi migas? “Energy for Empowering the Culture” itulah tema yang diangkat pada acara Petroforia 2018 yang diselenggarakan oleh Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Seksi Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas (IATMI SM STT MIGAS) Balikpapan.

Salah satu agenda kegiatan yang dilaksanakan adalah Inspiring Talk (29/4). Talkshow yang diselenggarakan di Balikpapan Sport and Convention Centre (BSCC Dome) menghadirkan sejumlah narasumber yang kompeten di bidang Migas antara lain; Pjs. Technical Planning Manager sekaligus Senior Production Engineer JOB Simenggaris, Fitriyadi MT Deputi Pengendalian Pengadaan Barang dan Jasa SKK Migas, Ir. Tunggal, MSc., dan Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Dirjen Migas), Prof. Dr. I Gusti Nyoman Wiratmaja, Ph.D

Inspiring Talk ini menekankan bagaimana peran Industri Migas Nasional dalam mengembangkan sumber daya alam dan sumber daya manusia tanpa meninggalkan unsur budaya lokal. Dalam paparannya I Gusti Nyoman Wiratmaja menuturkan bahwa Dirjen Migas, SKK Migas dan KKKS dalam hal ini JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris tidak akan meninggalkan kearifan lokal. “Merupakan komitmen kami untuk selalu berupaya mengangkat budaya lokal melalui program-program yang sudah dirancang, baik itu oleh Kementerian ESDM, SKK Migas maupun KKKS yang beroperasi di wilayah masing-masing”.

Dalam kesempatan ini, Fitriyadi menyampaikan bahwa JOB Simenggaris melalui Program Tanggung Jawab Sosial maupun Program lainnya, selalu mendukung pengembangan budaya lokal, termasuk penggunaan dan pengembangan tenaga kerja lokal. “SDM lokal juga bisa bersaing unggul. Syaratnya, kita tidak boleh hanya diam saja. Terus menjadi pribadi yang terus belajar, fokus dan juga asah soft skill. Bahkan kita tidak kalah hebat dengan tenaga kerja asing,” ujar Fitriyadi menyemangati.

Acara ini dihadiri ratusan audience yang hampir seluruhnya merupakan mahasiswa dari jurusan yang terkait dengan industri migas. Pertanyaan demi pertanyaan diungkapkan, menunjukkan antusiasme peserta pada topik talkshow ini. 

[Bayu]

Copyright 2010 by PT. Pertamina Hulu Energi