Home  |  Contact  |  WebMail
Berita
office
Head Office
Jalan TB. Simatupang Kav 99
Jakarta Selatan 12520
Telp : (62)(21)29547000
Fax : (62)(21)29547086
16

Surabaya –  Direktur Pengembangan Pertamina Hulu   Energi Afif Saifudin menjadi keynote speaker dalam Asia Pasific Student Chapter (APSC) – Petrolida 2018 yang diselenggarakan Society Petroleum Engineers Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Kamis 12 April lalu.

Saat pembukaan Petrolida 2018, Rektor ITS  Joni Hermana  menyampaikan terima kasih atas kehadiran Direksi  PHE dalam agenda ini. Joni menyampaikan, meskipun ITS belum memiliki Jurusan Teknik Perminyakan , namun antusiasme mahasiswa ITS terhadap bidang migas sangat tinggi. Sehingga dengan adanya  acara yang melibatkan sejumlah universitas  di dalam dan luar negeri,  ini bisa memberikan wawasan tambahan kepada mahasiswa ITS khususnya.

Di hadapan mahasiswa dari sejumlah Perguruan Tinggi di Indonesia, Malaysia dan Vietnam ini, Afif       menceritakan bagaimana tantangan berbisnis di industri hulu migas. Salah satunya adalah terjadi natural decline di kegiatan eksploitasi sumber daya migas. "Tantangan yang tak bisa dicegah adalah penurunan alamiah yang terjadi setiap tahun. Penurunannya  hingga 30 persen, sebab migas bukan sumber    energi yang bisa diperbaharui," ungkapnya.

Salah satunya tambahan infrastruktur hingga upaya teknikal lainnya untuk menjaga produksi dan mencari sumur migas yang baru demi memenuhi kebutuhan energi dalam negeri.  

"Tantangan lainnya adalah pengeboran  di offshore maupun di onshore sangat beresiko tinggi. Salah sedikit bisa menyebabkan kerusakan yang fatal. Untuk itu selain nilai  investasinya tinggi, tingkat safety-nya pun harus yang terbaik," tandasnya.

Mendapat wawasan langsung dari praktisi migas , membuat para mahasiswa yang hadir menjadi bersemangat untuk bertanya lebih banyak tentang bisnis migas. "Kami memang sengaja mengundang pihak PHE untuk memberikan materi  dalam APSC ini . Dari pemaparan tadi kami mendapat gambaran yang riil tentang dunia kerja yang akan kami masuki nanti," tambah Putu Ayu Indira Ardiyatna, koordinator APSC yang juga mahasiswa Teknik Industri ITS ini.

[Ardianti]

Copyright 2010 by PT. Pertamina Hulu Energi