Home  |  Contact  |  WebMail
Berita
office
Head Office
Jalan TB. Simatupang Kav 99
Jakarta Selatan 12520
Telp : (62)(21)29547000
Fax : (62)(21)29547086
23

Dengan visi tanggung jawab sosial untuk mewujudkan masyarakat mandiri yang cinta bumi, JOB Jambi Merang melaksanakan pelatihan bagi masyarakat sekitar wilayah operasi. Mengundang Balai Latihan Kerja Jambi sebagai tenaga pengajar, acara yang dilaksanakan selama 22 – 24 April ini memberikan beberapa jenis pelatihan. Diikuti oleh tiga 33 warga desa yang tersebar dari dua belas desa di Kabupaten Muaro Jambi dan Tanjung Jabung Timur, JOB Jambi Merang melatih keterampilan las, kelistrikan dan administrasi komputer.

Dua belas desa yang diundang mengirimkan 3 perwakilan yang mengikuti tiga kelas pelatihan keterampilan berbeda. Pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan tanggung jawab sosial JOB Jambi Merang yang telah diinisiasi pada tahun sebelumnya. Teknik las diajarkan kepada warga perwakilan masing-masing desa agar dapat membuka usaha untuk menjadikan mereka mandiri. Warga yang mengikuti pelatihan ini dapat digolongkan sebagai warga usia produktif. Hal ini dimaksudkan agar warga terpilih ini dapat mengaplikasikan keterampilan yang sudah diberikan untuk keberlangsungan hidup mereka.

Selain teknik las, kelistrikan juga diajarkan pada pelatihan yang diadakan di Balai Latihan Kerja Jambi ini. Kelistrikan juga memiliki kekuatan untuk dijadikan lahan usaha yang menjanjikan di wilayah Sumatera Selatan. Listrik juga dapat memajukan wilayah Jambi & Sumatera Selatan, dimana wilayah ini masih minim pasokan dan pengetahuan mengenai listrik.

Berbeda dengan pelatihan lainnya, pelatihan yang paling ditunggu warga sekitar wilayah operasi adalah pelatihan administrasi komputer. Pelatihan yang diikuti oleh 12 warga ini mendapatkan auntusiasme paling menarik. Pelatihan administrasi komputer diikuti oleh mayoritas pemudi usia produktif yang masih ingin mengembangkan kemampuan administrasi komputer agar dapat bersaing di kemajuan teknologi.

“Selain tercapainya pelaksanaan program kemasyarakatan dan tanggung jawab sosial di lingkungan JOB Jambi Merang, kami mengharapkan warga di sekitar wilayah operasi mampu memandirikan dan memajukan kesejahteraan hidup keluarga melalui pelatihan ini. Hal ini disambut baik oleh masing-masing kepala desa yang langsung mengirimkan warganya untuk mendapatkan pelatihan teknik las, kelistrikan maupun administrasi komputer,” ujar Devy A, Juru Bicara JOB Jambi Merang usai pelatihan.

Adapaun 12 desa di Jambi yang berada di Kabupaten Muaro Jambi dan Tanjung Jabung Timur yang dimaksud adalah Desa Sungai Gelam, Desa Talang Kerinci, Desa Ladang Panjang, Desa Solok, Desa Sakeam, Desa Sungai Terap, Desa Kemingking Dalam, Desa Teluk Jambu, Desa Sekumbang. Desa Pandan Langan, Desa Suka Maju, dan Desa Rantau Karya.

Copyright 2010 by PT. Pertamina Hulu Energi