Home  |  Contact  |  WebMail
Berita
office
Head Office
Jalan TB. Simatupang Kav 99
Jakarta Selatan 12520
Telp : (62)(21)29547000
Fax : (62)(21)29547086
19

PT. Pertamina Hulu Energi Siak (PHE Siak) kembali melaksanakan program kepedulian sosial bidang kesehatan masyarakat yaitu berupa Pelatihan Kader Posyandu ‘Sayang Anak’ Desa Senama Nenek, Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar (5/4). Pelatihan Kader Posyandu ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan Program TJS PHE Siak Tahun 2017 yaitu Pemberdayaan Posyandu melalui Pelatihan Kader dan Peningkatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Desa di Lapangan Lindai, Kabupaten Kampar, Riau.

Pelaksanaan pelatihan kader Posyandu ini menggandeng stakeholders setempat yaitu Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar melalui UPTD Puskesmas Tapung Hulu II dan Pemerintahan Desa Senama Nenek, Tapung Hulu, Kampar. Materi pelatihan meliputi tugas-tugas pokok kader posyandu, deteksi anak gizi buruk, teknis penimbangan berat dan tinggi badan, serta tatacara pengisian dan pembacaan Kartu Menuju Sehat (KMS). Materi disampaikan oleh dr. Iftahillah dari UPTD Puskesmas Tapung Hulu II dan Len Kuswari sebagai bidan desa setempat.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Desa Senama Nenek Abdoel Rakhman Chan, menyampaikan rasa terimakasihnya atas kepedulian PHE Siak dalam meningkatkan pengetahuan kader Posyandu sehingga pelayanan para kader ini dapat lebih baik bagi masyarakat desa Senama Nenek khususnya balita, ibu hamil & menyusui. Selain itu, rutinitas pelatihan bagi kader Posyandu di waktu-waktu mendatang sangat diperlukan. Hal ini senada dengan harapan dari dr. Iftahillah selaku pemateri bahwa pelaksanaan pelatihan sejenis terus dilaksanakan secara konsisten agar para kader Posyandu semakin baik dalam segi pelayanan dan lebih peka dalam mendeteksi dini gejala gangguan kesehatan yang ada di masyarakat desa.

Selain peningkatan pengetahuan kesehatan melalui pelatihan kader Posyandu, PHE Siak juga melengkapi fasilitas Posyandu ‘Sayang Anak’ desa Senama Nenek berupa alat kesehatan bagi bayi dan ibu hamil menyusui, permainan edukatif bagi anak balita dan kelengkapan pendukung Posyandu lainnya. dengan adanya bantuan ini, PHE Siak berharap Posyandu Desa Senama Nenek bisa menjadi Posyandu mandiri dalam melayani dan mendeteksi dini gejala kesehatan yang ada di tengah masyarakat desa.

Copyright 2010 by PT. Pertamina Hulu Energi