Home  |  Contact  |  WebMail
office
Head Office
Jalan TB. Simatupang Kav 99
Jakarta Selatan 12520
Telp : (62)(21)29547000
Fax : (62)(21)29547086

Pertamina Anti Korupsi

 

Sebagai salah satu  bentuk  inisiatif anti korupsi, PHE memberlakukan kewajiban terhadap  pelaporan  Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) sesuai dengan SK Direktur Utama Pertamina  Perusahaan   No.   KPTS-56/C00000/2013-S0 yang memberlakukan Pedoman No. A-001/N00010/2013-S9 tentang Kewajiban Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Bagi Pejabat di Lingkungan PT Pertamina (Persero) diberlakukan kepada Anak Perusahaan PT Pertamina (Persero). Dengan  keputusan tersebut,  maka  Wajib  Lapor   LHKPN adalah pekerja Manager/  setara  ke  atas  yang   menduduki jabatan   di lingkungan PHE dan Anak Perusahaan PHE.

Inisiatif  lain   terkait   anti   korupsi   adalah  pelaporan barang gratifikasi  PHE, Ketika  terjadi gratifikasi,  maka perlakuan atas  gratifikasi   adalah sebagai berikut:


1.      Setiap pemberian gratifikasi  berupa uang, wajib untuk ditolak.

2.      Pemberian gratifikasi yang berupa barang yang nilainya melebih Rp1 juta, ditolak.

3.      Pemberian gratifikasi  yang  berupa barang dengan nilai tidak melebih Rp1 juta,

       dapat diterima sesuai aturan yang berlaku.

4.      Semua bentuk  gratifikasi  wajib dilaporkan kepada Tim Etika dan GCG PHE

       secara langsung ataupun melalui compliance online. Sesuai  dengan ketentuan,

 

 

Hal-hal yang  tidak  termasuk gratifikasi yaitu:

 

1.      Gaji dan pendapatan sah  lainnya  yang  diterima Insan PHE dari Perusahaan;

2.     Fasilitas,   sarana  dan  prasarana  penunjang dalam  bekerja, termasuk namun tidak  terbatas pada pakaian, sepatu, perlengkapan kerja, kendaraan dinas  serta   lainnya  yang diberikan oleh Perusahaan kepada insan PHE.

3.      Diskon  yang  berlaku bagi masyarakat umum  yang  diberikan oleh  badan usaha, dalam hal ini termasuk, tapi  tidak  terbatas pada  rumah makan, hotel,  penyedia jasa   transportasi  (tiket pesawat), dimana pemilik badan usaha tersebut tidak mempunyai hubungan kerja/kedinasan dengan Insan PHE yang bersangkutan.

4.     Diperoleh    dari    hubungan  keluarga  sedarah   dalam   garis keturunan  lurus   satu   atau  dua  derajat  atau  dalam  garis keturunan ke samping satu  derajat sepanjang tidak mempunya konflik kepentingan dengan insan PHE yang  bersangkutan. Penghargaan dan/atau  hadiah yang   diberikan karena pencapaian prestasi akademis atau non  akademis yang diperoleh insan  PHE dengan biaya sendiri    dan tidak  terikat dengan kedinasan.

5.     Makanan dan/atau minuman yang  dihidangkan dalam jamuan makan, yang diperoleh sehubungan dengan keikutsertaan insan PHE dalam kegiatan resmi yang  diadakan Pihak Ketiga.

6.    Plakat,    vandal   goodybag/gimmick   dari    panitia   seminar, lokakarya, pelatihan yang  nilainya  secara  keseluruhan sampai dengan Rp1 juta  dimana keikutsertaan Insan  PHE yang bersangkutan dalam kegiatan tersebut didasarkan pada penunjukan dan penugasan resmi perusahaan.

 

Copyright 2010 by PT. Pertamina Hulu Energi