Media Contact

  • Corporate Secretary
  • Whisnu Bahriansyah
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 135

Head Office

  • Address:Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone:(021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

“UPSTREAM STAKEHOLDER FORUM” Upaya Perwira Pertamina Memahami Undang-Undang Cipta Kerja

Posted on 16-Oct-2020 03:45

Jakarta -  Meningkatkan skills dan Pengetahuan tentang regulasi dan perubahan internal maupun eksternal yang akan berpengaruh besar terhadap kinerja perusahaan, menjadi suatu keharusan bagi para Perwira Pertamina untuk dapat menyesuaikan dengan perubahan tersebut. Guna menjembatani hal ini, Subholding Upstream (SHU) Pertamina yang dikelola oleh PT Pertamina Hulu Energi (PHE) menggelar kegiatan “Upstream Stakeholder Forum : Undang Undang Cipta Kerja” 

“UPSTREAM STAKEHOLDER FORUM” Upaya Perwira Pertamina Memahami Undang-Undang Cipta Kerja

Jakarta -  Meningkatkan skills dan Pengetahuan tentang regulasi dan perubahan internal maupun eksternal yang akan berpengaruh besar terhadap kinerja perusahaan, menjadi suatu keharusan bagi para Perwira Pertamina untuk dapat menyesuaikan dengan perubahan tersebut. Guna menjembatani hal ini, Subholding Upstream (SHU) Pertamina yang dikelola oleh PT Pertamina Hulu Energi (PHE) menggelar kegiatan “Upstream Stakeholder Forum : Undang Undang Cipta Kerja”

PHE melalui Fungsi Human Capital menggelar kegiatan webinar ini dengan Keynote Speaker, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziyah dan dilanjutkan dengan pemaparan materi dan diskusi dari narasumber yang berkompeten dan memahami substansi dan filosofi  kebijakan undang-undang cipta kerja, Haiyani Rumondang, Dirjen Binwasnaker & K3/Plt.Dirjen PHI dan Jamsos yang didampingi oleh  Agatha Widianawati, Kepala Bagian Hukum dan Kerja Sama Luar Negeri Ditjen PHI dan Jamsos Kementerian Ketenagakerjaan RI. Acara yang digelar secara virtual pada Rabu (15/10) ini mengambil tema “Undang-Undang Cipta Kerja.” Sebuah tema yang cukup menarik untuk dibahas saat ini, terlebih dengan banyaknya tanggapan di kalangan masyarakat luas mengenai undang-undang yang telah disahkan oleh DPR pada 5 Oktober 2020 lalu. 

Acara ini dibuka langsung Direktur SDM Pertamina (Persero), Koeshartanto mewakili seluruh jajaran Direksi dan Management PT Pertamina (Persero) menyambut dengan hangat kehadiran Menteri Ketenagakerjaan RI beserta tim. Dalam sambutan pembukaan Koeshartanto, mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada ibu Menteri atas kesediaannya berkenan hadir menyampaikan undang-undang cipta kerja kepada seluruh Perwira Pertamina yang saat ini sedang hangat dibicarakan. Dalam sambutannya, beliau juga menyampaikan bahwa insya Allah Pertamina akan membantu mensosialisasikannya kepada seluruh pekerja dan mitra kerja di lingkungan Pertamina sebagai upaya pemerintah untuk memikat investasi dan menciptakan lapangan kerja.  Kegiatan ini  turut dihadiri oleh para Direksi di lingkungan Subholding Upstream yang diwakili oleh Direktur SDM & Penunjang Bisnis SHU, Lelin Eprianto, serta jajaran manajemen SHU baik dari PHE, maupun anak perusahaan dan Region Subholding Upstream.

Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah, dalam materinya menyampaikan bahwa urgensi UU Cipta Kerja karena adanya dinamika perubahan ekonomi global yang memerlukan respons cepat dan tepat sehingga perlu dilakukan perubahan struktur ekonomi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang pada akhirnya akan tercipta perluasan kesempatan kerja. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa UU Cipta Kerja dimaksudkan dalam rangka penguatan perlindungan pekerja dan peningkatan peran dan kesejahteraan pekerja untuk mendukung ekosistem investasi di Indonesia dengan turut mengawal kebijakan Undang-undang Cipta Kerja yang telah disahkan oleh DPR. Dalam kesempatan itu juga, Menteri Ketenagakerjaan memberikan penjelasan mendalam tentang point-point yang menjadi pembahasan substansi dan filosofi  dalam kebijakan yang tengah menjadi pembicaraan berbagai pihak di Indonesia saat ini.

Direktur SDM & Penunjang Bisnis SHU, Lelin Eprianto, mengucapkan terima kasih kepada pihak kementerian khususnya narasumber, atas sharing knowledge yang telah diberikan bagi para Perwira Pertamina, karena materi yang disampaikan sangat bermanfaat bagi para Perwira Pertamina.  Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi Undang Undang Cipta Kerja juga sebelumnya telah dilaksanakan kepada 600 Pimpinan Perusahaan mitra kerja Subholding Upstream PHE. Diakhir acara beliau menyampaikan rangkuman sosialisasi Undang Undang Cipta Kerja bahwa undang-undang ini merapikan peraturan-peraturan tentang ketenagakerjaan, menciptakan lapangan kerja, dan menjadi jembatan mengkomunikasikan dengan stakeholder.

Lelin Eprianto juga menyampaikan kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 1308 peserta webinar Perwira Pertamina dan kegiatan serupa juga telah dilaksanakan pada 12 Oktober 2020 kepada para pimpinan penyedia barang dan jasa SHU dengan dihadiri 665 peserta .

[PHE-HC]

--