Media Contact

  • VP Relations
  • Ifki Sukarya
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 1500000

Head Office

  • Address:Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone:(021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

Environmental Baseline Assesment (EBA) PHE LPB di Tapal Batas Negara

Posted on 28-Jul-2020 10:46

WK Maratua – PHE LPB (Lepas Pantai Bunyu) yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur & Kalimantan Utara serta berbatasan dengan Negara Malaysia  memiliki luas wilayah kerja sebesar 7835km2 (onshore & offshore) dengan potensi subsurface yang besar, namun terdapat tantangan tersendiri dalam kegiatan Eksplorasinya seperti lokasi yang frontier juga berdekatan dengan kawasan konservasi taman laut kepulauan Derawan. Keanekaragaman hayati kawasan ini cukup beragam dengan ekosistem seperti  buaya, penyu, mangrove, hiupaus, padang lamun dan terumbu karang. 

Environmental Baseline Assesment (EBA) PHE LPB di Tapal Batas Negara

WK Maratua – PHE LPB (Lepas Pantai Bunyu) yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur & Kalimantan Utara serta berbatasan dengan Negara Malaysia  memiliki luas wilayah kerja sebesar 7835km2 (onshore & offshore) dengan potensi subsurface yang besar, namun terdapat tantangan tersendiri dalam kegiatan Eksplorasinya seperti lokasi yang frontier juga berdekatan dengan kawasan konservasi taman laut kepulauan Derawan. Keanekaragaman hayati kawasan ini cukup beragam dengan ekosistem seperti  buaya, penyu, mangrove, hiupaus, padang lamun dan terumbu karang.

Dalam mendukung dan menjaga keanekaragaman hayati yang berada di kawasan tersebut maka PHE LPB dan Fungsi QHSSE PHE melakukan kajian awal saat akan melaksanakan kegiatan eksplorasi melalui penyusunan Rona Lingkungan Awal atau Environmental Baseline Assesment (EBA).

Data-data sampel yang di ambil dalam tahap kajian analisis berupa : Sea Water, River Water, Aquatic biota, Air Quality & Noise, Well Water, Soil, Sedimen deep / shallow water  dan Ecological Fish. Selain itu, kegiatan EBA juga mengumpulkan informasi tentang sosial ekonomi budaya dan kesehatan masyarakat lokal di sekitar wilayah studi dan kegiatan ekonomi seperti budidaya, perikanan tangkap, pemukiman pesisir, profil ekonomi, warisan budaya dan fitur sosial lainnya

“Hasil Kegiatan EBA yang kompherensif akan menginformasikan daya dukung dan limitasi lingkungan permukaan WK Maratua, Hasilnya sangat berguna dalam dasar pengambilan keputusan berbasis risiko pada area yang sangat sensitif baik secara lingkungan maupun sosial” Ujar Ahmad Najihal Amal Selaku Ketua Tim Operasi PHE LPB.

Kegiatan yang dijalankan selama tiga bulan di lapangan maupun office telah melalui persetujuan dari Pemerintah, dengan  mempertimbangkan aspek teknis, sosial,safety dan kesehatan yang menerapkan protokol Covid-19. Diharapkan kegiatan EBA ini dapat berjalan lancar sehingga dapat menggambarkan kondisi Rona Lingkungan Awal dari Wilayah Kerja Maratua.

 [AG & YFS]

--