Media Contact

  • Corporate Secretary
  • Whisnu Bahriansyah
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 135

Head Office

  • Address: Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone: (021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

PHE Kerjasama Dengan Kementerian Sosial RI dan Yayasan Kumala, Tingkatkan Program Penanganan dan Pemberdayaan Kaum Marjinal

Posted on 07-Jun-2021 02:46

Magelang - Subholding Upstream Pertamina, melalui PT Pertamina Hulu Energi (PHE) dengan salah satu mitra binaan dari Corporate Social Responsibility (CSR) PHE, yaitu Yayasan Kreatif Usaha Mandiri Alami (Kumala) dan Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia, bekerjasama dalam pengananan dan pemberdayaan pemulung di wilayah Jakarta Utara, melalui Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Masyarakat Marjinal dengan Konsep 5R ++ (Reduce, Reuse, Recycle, Resale dan Reshare plus pengembangan nilai sosial) 

PHE Kerjasama Dengan Kementerian Sosial RI dan Yayasan Kumala, Tingkatkan Program Penanganan dan Pemberdayaan Kaum Marjinal

Magelang - Subholding Upstream Pertamina, melalui PT Pertamina Hulu Energi (PHE) dengan salah satu mitra binaan dari Corporate Social Responsibility (CSR) PHE, yaitu Yayasan Kreatif Usaha Mandiri Alami (Kumala) dan Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia, bekerjasama dalam pengananan dan pemberdayaan pemulung di wilayah Jakarta Utara, melalui Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Masyarakat Marjinal dengan Konsep 5R ++ (Reduce, Reuse, Recycle, Resale dan Reshare plus pengembangan nilai sosial)

Kerjasama ini diresmikan secara simbolis dengan oleh Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, dengan Sr. Mgr. CSR & SMEPP PHE, Yudi Nugraha, mewakili jajaran Manajemen PHE, serta Yayasan Kumala, bersamaan dengan kegiatan peresmian sentra Atensi “ANTASENA”di Kabupaten    Magelang Jawa Tengah. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Dirjen Rehabilitasi Sosial, Kementerian Sosial RI, Harry   Hikmat, Anggota Komisi VIII DPR RI, anggota DPRD Kab. Magelang, serta Bupati Magelang Zaenal Arifin. (5/6).

“Dalam rangka meningkatkan pelayan terhadap kelompok marginal, Kemensos menggandeng pihak lain dalam hal ini LSM, Media dan BUMN. Saat ini kerjasama dilakukan dengan pihak Pertamina agar kelompok marjinal segera mendapatkan perhatian, terutama dimasa pandemik sekarang ini.” Papar Tri Rismaharini dalam sambutannya.

Dirjen Rehabilitasi Sosial, Kementerian Sosial RI, Harry Hikmat menyampaikan terima kasihnya kepada PHE yang turut terlibat dalam program yang dicanangkan pemerintah saat ini. “Kami mengucapkan terima kasih atas peran serta dari pihak Pertamina guna menanggulangi permasalahan sosial di masyarakat dengan program-program yang dapat mengembangkan setiap individunya menjadi berkembang, baik secara ekonomi maupun secara social kemasyarakatan.” Ungkap Harry.

“Program ini sebagai bentuk komitmen perusahaan terhadap keberadaan kelompok masyarakat yang memiliki keterbatasan terhadap akses sumberdaya dan meningkatkan status sosial di masyarakat. Diharapkan Kesepahaman ini dapat menjadi payung bagi program serupa pada anak perusahaan PHE lainnya.” Ujar Yudi Nugraha.

Sebagai turunan pertama dari nota kesepahaman ini, akan diinisiasi kerjasama PHE ONWJ dan Yayasan Kumala dengan Balai Rehabilitasi Sosial Pangudi Luhur Bekasi.  Sebanyak 34 orang pemulung dari Kalibaru Jakarta Utara akan diberikan Pelayanan dasar dan pembinaan, Peningkatan Kapasitas pengelolaan sampah dan daur ulang, serta Praktek Produksi dan Usaha, sekaligus pelatihan TOT dan Praktek “ReShare”  dalam bentuk Replikasi Program kepada kelompok marginal lainnya.

Yayasan Kumala sendiri sejak 2011 telah menjadi mitra binaan salah satu anak perusahaan PHE, yakni PHE ONWJ melalui program pemberdayaan anak jalanan di Cilincing Jakarta Utara dan saat ini telah menjadi mitra dalam replikasi program pemberdayaan kelompok marjinal lainnya seperti kelompok pengguna narkoba dan kelompok disabilitas.

[PHE]

--