Media Contact

  • VP Relations
  • Ifki Sukarya
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 1500000

Head Office

  • Address:Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone:(021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

Komitmen Implementasikan Aspek QHSSE, PHE OSES Gelar Loss Control Meeting

Posted on 06-Jun-2020 11:15

Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatera (PHE OSES) dalam menjalankan operasinya berkomitmen mengimplementasikan aspek QHSSE secara benar, terukur dan berkelanjutan. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dilakukan kerjasama yang bersinergi dengan para Mitra Kerja. PHE OSES menggelar kegiatan Loss Control Meeting (LCM) secara virtual pada hari Selasa, 19 Mei 2020, yang dihadiri oleh Direktur Operasi Produksi PHE, Taufik AditiyawarmanVP QHSSE PHE, Rio Dasmanto, VP Relations PHE, Ifki Sukarya, GM PHE OSES, Alfi Rusin, beserta jajaran management PHE OSES dan Mitra Kerja. 

Komitmen Implementasikan Aspek QHSSE, PHE OSES Gelar Loss Control Meeting

Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatera (PHE OSES) dalam menjalankan operasinya berkomitmen mengimplementasikan aspek QHSSE secara benar, terukur dan berkelanjutan. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dilakukan kerjasama yang bersinergi dengan para Mitra Kerja. PHE OSES menggelar kegiatan Loss Control Meeting (LCM) secara virtual pada hari Selasa, 19 Mei 2020, yang dihadiri oleh Direktur Operasi & Produksi PHE, Taufik Aditiyawarman, VP QHSSE PHE, Rio Dasmanto, VP Relations PHE, Ifki Sukarya, GM PHE OSES, Alfi Rusin, beserta jajaran management PHE OSES dan Mitra Kerja.

Mengawali kegiatan LCM yang mengusung tema “Komitmen HSSE di Tengah Wabah COVID-19, GM PHE OSES Alfi Rusin mengapresiasi kepada perwakilan Pimpinan Tertinggi Mitra Kerja PHE OSES yang menghadiri LCM dengan tujuan kegiatan ini sebagai wadah diskusi dan sharing informasi serta mengevaluasi performance HSE yang telah dicapai bersama. Serta menghimbau kepada semua peserta yang hadir agar tidak menganggap rendah atau meremehkan situasi yang terjadi saat ini, bersikap proaktif untuk bersinergi dan kerjasama antara Mitra Kerja dan PHE OSES. Dalam sambutannya GM PHE OSES menegaskan kepada Mitra Kerja agar melakukan hal-hal yang lebih spesifik dalam melakukan pekerjaan, diantaranya menganalisa risiko dan bahaya di tempat kerja, merevisi HSE Plan terkait pandemi COVID-19 dengan mengupdate mitigasi risiko.

QHSSE Manager Operations PHE OSES, Tangkas M. Siahaan, memberikan pemaparan tentang QHSSE performance 2020, untuk mengajak para Mitra Kerja serta semua yang hadir dalam usaha mempertahankan performance yang telah dicapai sampai saat ini. Harapannya kecelakaan maupun fatality tidak terjadi di PHE OSES. Serta mengingatkan kembali para Mitra Kerja untuk memastikan pemenuhan komitmen sesuai dengan Dokumen HSE Plan, bersikap jujur dalam memberikan informasi kesehatan dan selalu mengingatkan serta memberitahu kepada pekerja masing-masing untuk selalu waspada terhadap penularan COVID-19.

VP QHSSE PHE Rio Dasmanto menyampaikan potensi insiden 24 jam tetap membayangi, tidak ada istirahat, hanya kecukupan mitigasi yang bisa membungkam insiden itu sendiri. Dihimbau kepada rekan Mitra Kerja agar mitigasi risiko, risk assessment senantiasa dilakukan. Rio Dasmanto menegaskan bahwa kompeten saja tidak cukup, semuanya harus dapat memastikan anggota timnya dalam kondisi fit to work dan fit to task sesuai dengan job description, prosedur yang tersedia dan dapat dipahami serta peralatan yang laik dan sesuai dengan peruntukannya.

Direktur Operasi dan Produksi PHE menyampaikan beberapa poin terkait dengan triple shock kedepannya, yaitu: penurunan harga minyak, wabah Covid, dan perubahan nilai tukar rupiah. Hal penting yang disampaikan agar menjaga eksistensi kedepannya untuk menghadapi new normal operation. Dengan mematuhi tiga Golden Rules (Patuh, Intervensi dan Peduli) yakin bahwa insiden dapat diminimalisir, serta meminta komitmen kepada seluruh pimpinan, harus bersama-sama menghilangkan egosentris agar sustainability terbentuk suatu sinergi dalam menjalankan pekerjaan dengan mengedepankan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lindungan Lingkungan.

Pada sesi tanya jawab dan diskusi, diajukan beberapa pertanyaan yang menarik khususnya disampaikan oleh VP QHSSE PHE Rio Dasmanto, kepada Mitra Kerja mengenai usaha yang telah dilakukan Mitra Kerja dalam menghadapi situasi dan kondisi saat ini dan tetap aware terhadap pekerjaannya serta melakukan penilaian risiko yang benar sebelum melakukan pekerjaan. Mitra Kerja berkomitmen dalam mendukung komitmen PHE OSES untuk melaksanakan protokol HSSE terkait dengan wabah pandemi Covid-19. Penanganan kecelakaan kerja terhadap pekerja dari Mitra Kerja agar dilakukan dengan benar dan memastikan kondisinya sampai pulih dan sembuh.

Untuk membina kesinambungan bisnis bersama, Mitra Kerja mengisi pernyataan komitmen HSSE. Kemudian dilanjutkan dengan pengisian kuesioner evaluasi. Hasil evaluasi yang terkumpul menunjukkan seluruh peserta LCM mendapatkan pemahaman sesuai dengan yang diharapkan.

[PHE OSES]

--