Media Contact

  • Corporate Secretary
  • Whisnu Bahriansyah
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 135

Head Office

  • Address: Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone: (021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

Bangun Komunikasi dan Kesepahaman, Manajemen PHE Selaku Subhoding Upstream dengan FSPPH Gelar Silaturahmi dan Perkenalan

Posted on 09-Jun-2021 11:03

Jakarta - Pada hari Jumat (4/6/2021) Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi (PHE), Budiman Parhusip, didampingi oleh Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PHE, Oto Gurnita, Vice President Human Capital PHE, Fahmi El Mubarak, serta jajaran tim dari fungsi HC Strategic PHE menerima kehadiran perwakilan Federasi Serikat Pekerja Pertamina Hulu (FSPPH) di Kantor Pusat PHE Tower, Jakarta. 

Bangun Komunikasi dan Kesepahaman, Manajemen PHE Selaku Subhoding Upstream dengan FSPPH Gelar Silaturahmi dan Perkenalan

Jakarta - Pada hari Jumat (4/6/2021) Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi (PHE), Budiman Parhusip, didampingi oleh Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PHE, Oto Gurnita, Vice President Human Capital PHE, Fahmi El Mubarak, serta jajaran tim dari fungsi HC Strategic PHE menerima kehadiran perwakilan Federasi Serikat Pekerja Pertamina Hulu (FSPPH) di Kantor Pusat PHE Tower, Jakarta.

Pertemuan tersebut diselenggarakan sebagai forum silaturahmi dan perkenalan antara manajemen PHE selaku Subhoding Upstream dan FSPPH dalam rangka membangun saling kesepahaman, landasan awal untuk pola komunikasi ke depan, serta komitmen itikad baik bersama untuk mendukung kesuksesan gerak langkah Pertamina dan kesejahteraan pekerjanya.   

Direktur Utama PHE, Budiman Parhusip, dalam sambutannya mengharapkan agar FSPPH dapat memainkan peran positif dan strategis dalam mendukung arah transformasi Pertamina ke depan. “Saat ini Pertamina sedang terus bergerak cepat melaksanakan proses transformasi untuk tumbuh semakin besar dan mencapai visi misinya ke depan. Oleh karenanya lewat kehadiran FSPPH diharapkan dapat turut bersinergi dalam mewujudkan cita-cita bersama menjadi perusahaan energi kelas dunia,” ujarnya.

Dukungan dan harapan senada juga disampaikan oleh Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PHE, Oto Gurnita. Dia menekankan perlunya pola komunikasi yang tepat agar hal-hal yang menjadi aspirasi pekerja Subholding Upstream dapat terfasilitasi dan dicarikan solusi secara cepat, konstruktif dan produktif. “Pertamina, khususnya lingkungan Subholding Upstream, merupakan keluarga dan rumah kita bersama. Oleh karenanya perlu senantiasa kita kedepankan upaya komunikasi internal yang harmonis agar segala hal dapat dipahami secara tepat dan mencapai kesuksesan bersama sebagaimana yang kita harapkan”, tutur Oto.  

FSPPH sendiri merupakan federasi serikat pekerja pertama di lingkungan industri hulu migas yang baru saja dideklarasikan pada tanggal 1 Juni 2021 yang lalu. Keanggotaan FSPPH saat ini terdiri dari 7 (tujuh) serikat pekerja di lingkungan Subholding Upstream, yaitu PHE, PHE WMO, PHE OSES, PEPC, PHM, PHKT dan PHS. Konsep keanggotaan FSPPH menggunakan format Presidium sehingga tetap menghormati prinsip egaliter dan ruang gerak otonom bagi masing-masing serikat pekerja yang tergabung di dalamnya. 

Didirikannya FSPPH ini merupakan hasil kajian bersama dari berbagai serikat pekerja di lingkungan Subholding Upstream untuk mencari pola komunikasi hubungan industrial yang tepat, strategis dan adaptif dalam menyesuaikan diri dengan proses transformasi Pertamina yang begitu cepat, khususnya di bidang hulu migas. Menyikapi hal tersebut diperlukan suatu kelembagaan hubungan industrial yang diharapkan dapat menjadi channeling komunikasi serta turut menawarkan solusi konstruktif terhadap kondisi yg ada.

Fauzan Muttaqin, salah satu fasilitator terbentuknya FSPPH, di dalam kesempatan pertemuan tersebut menyampaikan bahwa pembentukan FSPPH merupakan salah satu manifestasi AKHLAK sebagai tata nilai Perusahaan. “FSPPH bertekad memainkan peran sebagai mitra strategis Perusahaan tidak terbatas pada aspek hubungan industrial saja namun secara luas termasuk upaya menjaga kelangsungan bisnis Perusahaan”, terangnya.

[PHE]

--