Media Contact

  • Corporate Secretary
  • Whisnu Bahriansyah
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 135

Head Office

  • Address:Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone:(021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

Dorong semangat inovasi, PHE gelar Forum Presentasi CIP 2020

Posted on 08-Oct-2020 01:09

PHE menggelar Forum Presentasi CIP (FPC) pada tanggal 28 September – 1 Oktober 2020 di tengah kondisi pandemi Covid-19 dan tantangan triple shock bisnis PERTAMINA. Berkat kerja keras dan semangat para Perwira Mutu PHE dan Anak Perusahaan maka munculah ide/ gagasan yang kreatif dan inovatif. Perwira Mutu PHE dan Anak Perusahaan terbukti dapat beradaptasi dengan cara kerja dan budaya baru yang mendorong lahirnya inovasi-inovasi baru untuk terus melakukan pembaharuan pada berbagai aspek kegiatan perusahaan agar tetap eksis. Inovasi dan transformasi jadi dua kata kunci bagi bisnis perusahaan terlebih di saat pandemi Covid-19. Era digital berkembang menjadi era “cerdas” atau perkembangan “Artificial Intelegent” dan era terciptanya “Real Time Decision Making Tools”, dimana bisnis menghadapi tantangan baru ditengah gangguan digital dan aturan main yang baru. Untuk dapat bertahan dan beradaptasi di masa- masa krisis seperti sekarang ini, teknologi memiliki peranan penting bagi perusahaan dalam mencapai target kinerja bisnis dan operasionalnya

Dorong semangat inovasi, PHE gelar Forum Presentasi CIP 2020

PHE menggelar Forum Presentasi CIP (FPC) pada tanggal 28 September – 1 Oktober 2020 di tengah kondisi pandemi Covid-19 dan tantangan triple shock bisnis PERTAMINA. Berkat kerja keras dan semangat para Perwira Mutu PHE dan Anak Perusahaan maka munculah ide/ gagasan yang kreatif dan inovatif. Perwira Mutu PHE dan Anak Perusahaan terbukti dapat beradaptasi dengan cara kerja dan budaya baru yang mendorong lahirnya inovasi-inovasi baru untuk terus melakukan pembaharuan pada berbagai aspek kegiatan perusahaan agar tetap eksis. Inovasi dan transformasi jadi dua kata kunci bagi bisnis perusahaan terlebih di saat pandemi Covid-19. Era digital berkembang menjadi era “cerdas” atau perkembangan “Artificial Intelegent” dan era terciptanya “Real Time Decision Making Tools”, dimana bisnis menghadapi tantangan baru ditengah gangguan digital dan aturan main yang baru. Untuk dapat bertahan dan beradaptasi di masa- masa krisis seperti sekarang ini, teknologi memiliki peranan penting bagi perusahaan dalam mencapai target kinerja bisnis dan operasionalnya

Pada pembukaan FPC PHE 2020, Komisaris Utama PHE, Rinaldi Firmansyah menyampaikan bahwa inovasi merupakan salah satu bentuk adaptasi perubahan lingkungan. Semoga kultur inovasi terus dapat ditingkatkan dan digiatkan serta Dewan Komisaris akan mendorong dan memberi dukungan untuk inovasi dan continuous improvement demi majunya perusahaan yang kita cintai.

Direktur PHE, Budiman Parhusip dalam sambutannya menyampaikan bahwa    seluruh Perwira PHE dan Anak Perusahaan sangat berperan aktif memberikan ide-ide inovasi dan mereplikasi hasil karya inovasi tersebut dalam pekerjaan sehari-hari untuk mendukung pencapaian kinerja bisnis dan operasi perusahaan. Inovasi yang dilakukan dapat meningkatkan kemampuan dan daya saing Perusahaan agar mampu bertransformasi menjadi “World Class Company” sesuai dengan Tema “INNOVATION TO BOLSTER BUSINESS CAPABILITIES AND TRANSFORMATION”. Para Perwira PHE melalui semangat inovasi siap mendukung kapabilitas bisnis dan selalu siap menghadapi transformasi perusahaan.

Selain itu VP QHSSE, Rio Dasmanto memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya Forum CIP di Anak Perusahaan PHE, yaitu PHE ONWJ, PHE WMO, PHE OSES berkolaborasi dengan PHE Unconventional Hydrocarbon dan PHE Nunukan, Forum CIP PHE Kolaborasi Anak Perusahaan Area Sumatera sehingga dari saringan 4 Forum Anak Perusahaan tersebut menghasilkan 60 (enam puluh) gugus yang lolos mengikuti FPC PHE 2020 dengan kriteria penetapan kualitas “Ide original dan design inovasi yang unik.” “Value creation terbukti & berdampak luas untuk perusahaan dan stakeholders,” serta “Potensi komersialisasi & hasil inovasinya sustainable.” 

Dari 60  (enam puluh) gugus CIP yang terdiri dari 30 (Tiga Puluh) PC-Prove,17 (Tujuh Belas) FT-Prove, 8 (Delapan) I-Prove serta  5 (Lima) RT-Prove menghasilkan apresiasi pencapaian 48 (empat puluh sembilan) gugus meraih GOLD dan 12 (dua belas) gugus meraih SILVER selain itu Manajemen PHE menetapkan 25 (dua puluh lima) gugus  terbaik akan mengikuti “Marathon Knowledge Sharing of Innovation” pada tanggal 5 – 12 Oktober sebagai kelanjutan dari media berbagi aset pengetahuan hasil inovasi dan sebagai final quality screening untuk mempersiapkan gugus mengikuti Upstream Improvement & Innovation Award (UIIA) 2020;. 

Seluruh judul inovasi dan replikasi yang telah teregister dan melalui proses audit/ coaching setiap tahunnya akan dikapitalisasi menjadi aset pengetahuan yang dikelola secara digital dalam CIP Capitalization Data Base (C2D). Sebanyak 833 (delapan ratus tiga pulu tiga) inovasi yang telah terkapitalisasi siap direplikasikan ke seluruh wilayah kerja PERTAMINA sehingga seluruh hasil inovasi yang telah     diciptakan diupayakan termanfaatkan kembali secara luas. Perusahaan yang berkembang adalah perusahaan yang mampu menghadapi daya saing global dan terus bisa berinovasi, bertransformasi dan menjadi “agent of innovation” agar selalu siap menghadapi perubahan dan meningkatkan pencapaian kapabilitas   perusahaan.

[PHE]

--