Media Contact

  • Corporate Secretary
  • Arya Dwi Paramita
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 135

Head Office

  • Address: Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone: (021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

Subholding Upstream Pertamina Ikutkan Puluhan Mitra UMKM di Pameran Virtual UMKM Pertamina SMEXPO 2021

Posted on 14-Oct-2021 02:53

Jakarta - Subholding Upstream Pertamina mengirimkan puluhan mitra binaan UMKM di Pameran Pertamina SMEXPO 2021 yang mulai berlangsung hari ini (12/10). Ajang pameran virtual ini diluncurkan bersama Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Kalimantan Timur (GBBI Kaltim). 

Subholding Upstream Pertamina Ikutkan Puluhan Mitra UMKM di Pameran Virtual UMKM Pertamina SMEXPO 2021

Jakarta - Subholding Upstream Pertamina mengirimkan puluhan mitra binaan UMKM di Pameran Pertamina SMEXPO 2021 yang mulai berlangsung hari ini (12/10). Ajang pameran virtual ini diluncurkan bersama Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Kalimantan Timur (GBBI Kaltim).

"Sedikitnya ada 3 mitra binaan Subholding Upstream Pertamina yang hadir langsung di Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di Kalimantan Timur, yaitu UKM Sinergi binaan dari Zona 8 - Pertamina Hulu Mahakam, UKM Kebun Kelulut Sangatta binaan dari Zona 9 - PEP Sangatta Field, serta KUW Bina Bersama binaan dari Zona 10 - Pertamina Hulu Kalimantan Timur. Sementara untuk puluhan Mitra UMKM lainnya mengikuti kegiatan Pameran Virtual Pertamina SMEXPO", ujar Hermansyah Y. Nasroen, Senior Manager External Communication & Stakeholder Relations Subholding Upstream Pertamina, Selasa (12/10).

Lebih lanjut, Hermansyah menambahkan bahwa rata - rata produk dari Mitra Binaan yang ikut dalam ajang ini merupakan produk khas dari daerah masing - masing mulai dari kerajinan tangan, makanan dan produk lainnya, dan memiliki keunikan tersendiri.

"Ini merupakan langkah positif yang dilakukan holding guna mendukung pertumbuhan UMKM. Dan kami dari sisi Subholding Upstream sangat terbantu karena produk - produk dari mitra binaan kami yang tersebar di seluruh Indonesia bisa mendapat kesempatan untuk dipasarkan secara luas", kata Hermansyah.

Sementara itu, Siti Rukiyah salah satu pengelola UMKM KUW Bina Bersama yang mengikuti kegiatan Gerakan Bangga Buatan Indonesia di Kalimantan Timur menyampaikan banyak terima kasih atas pendampingan yang diberikan oleh Subholding   Upstream Pertamina hingga mereka bisa berdiri menjadi UMKM yang bisa bertumbuh.

"Kami sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Subholding Upstream Pertamina, karena dengan diikutkan dalam ajang pameran seperti ini, kami berkesempatan menambah wawasan dan pengalaman, serta untuk memasarkan produk kami lebih luas lagi", tambahnya.

Pertamina SMEXPO 2021, merupakan wujud konsistensi     Pertamina dalam menggalakkan dan mendukung pertumbuhan ekonomi sesuai dengan target pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) Tujuan 8 yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh serta pekerjaan yang layak untuk semua, serta bagian dari implementasi  kinerja ESG (Environmental, Social, and Governance) untuk berkontribusi terhadap pencapaian TPB/SDGs di seluruh wilayah operasionalnya.

"Harapan kami, para mitra binaan UMKM yang ikut dalam ajang ini bisa menjadi percontohan bagi UMKM lainnya, bahwa UMKM itu bisa berdaya dan bertumbuh serta dapat menggerakkan roda perekonomian. Ayo berani menjadi pengusaha UMKM karena UMKM penggerak ekonomi masyarakat, mari kita dukung dan sukseskan Gerakan Bangga Buatan Indonesia", pungkas Hermansyah.

[Subholding Upstream]
--