Media Contact

  • Corporate Secretary
  • Whisnu Bahriansyah
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 135

Head Office

  • Address:Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone:(021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

Komitmen Implementasikan SIKA, PHE OSES Lakukan Audit Tahunan Bersama SHU

Posted on 30-Dec-2020 06:30

Jakarta - Sebagai upaya pengawasan dan memantau implementasi SIKA pada operasional bisnis, QHSSE, maupun isu lainnya, sekaligus sebagai bentuk komitmen kepemimpinan untuk menyelesaikan permasalahan dengan memberikan solusi dan potensi perbaikan, maka Pertamina Hulu Energi OSES bersama SHU melakukan audit tahunan SIKA kepada seluruh pekerja PHE OSES yang melakukan implementasi SIKA secara virtual ke operasional unit di PHE OSES. 

Komitmen Implementasikan SIKA, PHE OSES Lakukan Audit Tahunan Bersama SHU

Jakarta - Sebagai upaya pengawasan dan memantau implementasi SIKA pada operasional bisnis, QHSSE, maupun isu lainnya, sekaligus sebagai bentuk komitmen kepemimpinan untuk menyelesaikan permasalahan dengan memberikan solusi dan potensi perbaikan, maka Pertamina Hulu Energi OSES bersama SHU melakukan audit tahunan SIKA kepada seluruh pekerja PHE OSES yang melakukan implementasi SIKA secara virtual ke operasional unit di PHE OSES.

Dalam sambutan General Manager PHE OSES, Alfi Rusin, saat membuka rapat (24/11), mendukung dan menyambut baik penyelenggaraan acara Audit Tahunan ini yang dimotori oleh SHU dengan personel auditor dari beberapa AP termasuk auditor PHE OSES yang ditunjuk. GM PHE OSES mempersilahkan kepada auditor untuk melihat implementasi SIKA sesuai dengan protokol yang telah ditentukan dan melakukan pemotretan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya yang bertujuan agar PHE OSES bisa melakukan improvement atau perbaikan kedepannya, mengingat PHE OSES adalah lapangan yang sudah mature yang sudah beroperasi puluhan tahun yang membutuhkan perbaikan yang maksimal untuk menunjang produksi minyak dan gas di Indonesia. Audit SIKA merupakan sebagai salah satu bentuk pengawasan kepada seluruh area operasi PHE OSES untuk tetap bekerja dengan baik dan meningkatkan kinerja perusahaan. Alfi Rusin menegaskan bahwa audit SIKA ini bukan ‘basa-basi’ dan bukan pula aktivitas rutin dalam menggugurkan kewajiban, tetapi merupakan hal yang perlu menjadi perhatian khusus dalam kegiatan continuous improvement terutama pada aspek QHSSE.

Selama kegiatan audit berlangsung, banyak hal yang perlu ditingkatkan dalam pelaksanaan implementasi SIKA di PHE OSES, terutama terkait dengan pemahaman fungsi dari SIKA itu sendiri serta peran dan tanggung jawab dari masing-masing personil yang terlibat dalam organisasi SIKA. Para auditor SIKA ini juga terdiri dari lintas AP yang ada di PHE sehingga bisa  memberikan input dan pengalaman juga bagi auditor yang   berasal dari AP lain tentang hal-hal positive yang bisa diambil dari PHE OSES.

Hasil audit SIKA secara umum disampaikan oleh lead auditor, Usep Sutisna, saat acara closing meeting (30/11) bahwa SIKA telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan di lingkungan kerja PHE OSES, SIKA hadir di setiap kegiatan operasional, ada beberapa lokasi yang perlu pendalaman dalam implementasi SIKA yang menjadi tanggung jawab bersama, sehingga SIKA dapat terimplementasi secara merata di lingkungan kerja PHE OSES.

Jajaran manajemen yang diwakili Senior Manager Facilities, Muzwir Wiratama, menekankan terhadap hasil audit yang dipaparkan telah menunjukkan pentingnya kerja keras yang bersinergi agar dapat menutup gap atau temuan audit sehingga operasional perusahaan diharapkan berjalan dengan baik. Pernyataan penutup juga disampaikan berkaitan dengan kekuatan HSSE culture yang dibutuhkan adalah Top Down, dengan komitmen dari para leader PHE OSES termasuk para pemimpin yang bersinggungan langsung dengan operasional di lapangan. Penutup quote dari Muzwir Wiratama yang sangat menarik “SIKA adalah prevention incident bukan administrative work

[PHE OSES]
--