Media Contact

  • VP Relations
  • Ifki Sukarya
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 1500000

Head Office

  • Address:Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone:(021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

PHE OSES lakukan Eksplorasi Migas dengan kegiatan Survei Seismik

Posted on 30-Jul-2020 11:41

Lampung - PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES), sebagai anak usaha Pertamina Hulu Energi yang kini menjadi Subholding Upstream, memenuhi komitmen pengembangan eksplorasi migas dengan  pelaksanaan survei seismik 3D. 

PHE OSES lakukan Eksplorasi Migas dengan kegiatan Survei Seismik

Lampung - PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES), sebagai anak usaha Pertamina Hulu Energi yang kini menjadi Subholding Upstream, memenuhi komitmen pengembangan eksplorasi migas dengan  pelaksanaan survei seismik 3D.

Survei seismik 3D merupakan upaya pencarian cadangan Migas dibawah permukaan bumi dengan gelombang seismik. Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh pemetaan struktur dibawah bumi dalam rangka eksplorasi daerah prospek hidrokarbon (minyak dan gas bumi).

Survei seismik 3D akan berlangsung pada bulan Agustus, dengan estimasi penyelesaian 3 bulan hingga November 2020. Luasan seismik 313 Km2 dan akan melintas di wilayah perairan laut Kabupaten Lampung Timur dan Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung.

Sosialisasi terbatas dengan protocol covid-19 digelar di Desa Labuhan Maringgai dan Desa Muara Gading Mas Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur pada Selasa, 28 Juli 2020, dilanjutkan sosialisasi di Kecamatan Dente Teladas Kabupaten Tulang Bawang keesokan harinya.

Sosialisasi hanya dihadiri perwakilan terbatas dari Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Kadis DKP Kabupaten Lampung Timur, Muspika Labuhan Maringgai, Muspika Dente Teladas, kepala desa dan perwakilan tokoh masyarakat.

Kegiatan sosiliasi merupakan tindak lanjut pertemuan sebelumnya yang dilakukan dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi, Dinas Perikanan Kabupaten Lampung Timur dan Dinas Perikanan Kabupaten Tulang Bawang.

Ditempat terpisah General Manager PHE OSES, Alfi Rusin memberikan informasi, “Kegiatan persiapan survei seismik telah lama dilakukan. Tim kami melakukan pengurusan perizinan juga berkomunikasi secara intensif dengan dinas dinas terkait, muspida, muspika dan para tokoh masyarakat”, Ujar Alfi.

Respons positif didapat dari Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi, Febrizal Levi Sukmana, yang mendukung kegiatan survei seismik ini, dan meminta agar komunikasi terus dijalin selama operasi berlangsung.

Sebagai salah satu anak usaha Pertamina Hulu Energi, pada kuartal II PHE OSES menyumbang Produksi Migas sebesar 42.015 MBOEPD. PHE OSES berada di urutan kedua setelah PHE ONWJ dalam hal produksi migas di PHE.

Kondisi rendahnya harga minyak saat ini, menjadikan PHE OSES selalu melakukan evaluasi secara berkala terhadap program maupun project yang berlangsung.

“Setiap project kita lakukan kajian untuk memastikan pelaksanaan kegiatan yang sesuai dengan perencanaan, baik waktu maupun budget”, kata Alfi.

Kegiatan sosialisasi seismik yang dilakukan PHE OSES tidak lain untuk memberikan edukasi kepada para nelayan yang berada di area lintasan seismik mengenai jarak aman melaut serta memberikan pemahaman bahwa operasi migas termasuk kegiatan seismik dilakukan dengan mengutamakan aspek keselamatan kerja.

[Release]

--