Kontak Media

  • VP Relations
  • Ifki Sukarya
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 1500000

Head Office

  • Address:Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone:(021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

PHE WMO Menyelenggarakan Workshop Penilaian Daur Hidup Life Cycle Assessment

by mk.hasnita.ratnawati

Posted on 11-Mar-2019 10:36

Surabaya — Life Cycle Assessment (LCA) atau penilaian daur hidup merupakan konsep yang diperkenalkan pada awal tahun 1970. Beberapa perusahaan di berbagai negara mulai mempergunakan LCA sebagai basis pengelolaan energi dan limbah.  

PHE WMO Menyelenggarakan Workshop Penilaian Daur Hidup Life Cycle Assessment

Surabaya — Life Cycle Assessment (LCA) atau penilaian daur hidup merupakan konsep yang diperkenalkan pada awal tahun 1970. Beberapa perusahaan di berbagai negara mulai mempergunakan LCA sebagai basis   pengelolaan energi dan limbah. Salah satu program yang populer dan dilaksanakan banyak negara adalah Sustainable Development Goals (SDG’s) atau dikenal dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Adapun tujuan LCA dapat menjadi cara untuk mengevaluasi dampak lingkungan produk dari daur hidupnya sampai dengan pembuangan akhir, serta dapat menerapkan kemungkinan perbaikan berkelanjutan di tahap operasional (continual improvement process).

Sesuai dengan Surat Peraturan Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan Republik Indonesia No. P.14/PPKL/SET/DIK.0/9/2018 tentang Materi Pelatihan Penilaian Daur Hidup untuk PROPER, salah satu persiapan penerapan LCA adalah pengembangan kompetensi personal.  Oleh sebab itu PT. PHE WMO,  mengadakan workshop Life Cycle Assessment yang diselenggarakan di Surabaya pada tanggal 25-28 Februari 2019 lalu.

Kegiatan ini mengusung konsep pengelolaan keseluruhan daur hidup dari suatu barang dan jasa untuk menciptakan produksi dan konsumsi yang berkelanjutan, sehingga semua lintas departemen ikut berperan serta dalam    proses penilaian daur hidup ini.

QHSSE Operations  Manager PHE WMO, Harnanto Djamal, menyampaikan dalam agenda workshop yang berlangsung selama empat hari tersebut, merujuk kepada manfaat, tujuan dan hasil yang komprehensif LCA menjadi salah satu kriteria pengembangan dalam penilaian PROPER pada tahun 2019. Maka integrasi dari semua Divisi dan Departemen yang berperan serta sangat diharapkan  sebagai bagian keselarasan aspek keberlanjutan sumber daya alam, kewajiban minimalisasi limbah serta menginternalisasikan aspek sosial menuju industri yang ramah lingkungan dan berkontribusi dalam tujuan pembangunan berkelanjutan.

[PHE WMO]

--