Media Contact

  • Corporate Secretary
  • Arya Dwi Paramita
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 135

Head Office

  • Address: Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone: (021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

PHR WK Rokan Gelar Pelatihan Well Control Bridging

Posted on 25-Oct-2021 07:53

Pekanbaru – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja (WK) Rokan melalui fungsi Drilling and Completion (D&C) menyelenggarakan pelatihan internal Well Control Bridging (WCB) untuk level supervisor pada 27-30 September 2021 secara daring. Pelatihan ini bertujuan untuk menyelaraskan pemahaman teknik well control serta untuk memastikan kompetensi yang memadai di bidang well control telah dimiliki oleh calon supervisor lapangan D&C sebelum bergabung di WK Rokan. Proses ini secara khusus didesain untuk menunjang proses alih kelola dan merupakan bagian dari “Well Control Assurance” di WK Rokan. 

PHR WK Rokan Gelar Pelatihan Well Control Bridging

Pekanbaru – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja (WK) Rokan melalui fungsi Drilling and Completion (D&C) menyelenggarakan pelatihan internal Well Control Bridging (WCB) untuk level supervisor pada 27-30 September 2021 secara daring. Pelatihan ini bertujuan untuk menyelaraskan pemahaman teknik well control serta untuk memastikan kompetensi yang memadai di bidang well control telah dimiliki oleh calon supervisor lapangan D&C sebelum bergabung di WK Rokan. Proses ini secara khusus didesain untuk menunjang proses alih kelola dan merupakan bagian dari “Well Control Assurance” di WK Rokan.

Kompetensi Well Control sudah sejak lama menjadi bagian penting dan kritikal di WK Rokan dan menjadi modal penting untuk mencapai target-target D&C ke depan dengan Safe and Incident Free Operation. Kompetensi ini harus dimiliki oleh personil D&C, khususnya yang menangani operasional secara langsung seperti drilling/WOWIWS site reps., engineer dan operation leadership. Tingkat kompetensi well control personal D&C di WK Rokan akan selalu dijaga melalui program-program pembelajaran yang berkelanjutan.

WCB Class yang telah diselenggarakan sebelum alih kelola WK Rokan ini diikuti oleh 74 orang calon drilling/workover rig supervisor dengan difasilitasi oleh 3 orang International Association of Drilling Contractors (IADC) approved-well control instructor yang dimiliki oleh D&C WK Rokan.

Para peserta pelatihan tidak hanya mendapatkan theoretical well control knowledge tetapi juga diberikan pembekalan tata cara melakukan well control handling melalui virtual simulator, serta well control practice spesifik untuk WK Rokan. Di akhir sesi pelatihan, akan diberikan ujian tertulis dan ujian simulasi well control case untuk mengevaluasi tingkat kompetensi peserta.

Materi yang diberikan dalam pelatihan ini menggunakan standard kurikulum IADC yang meliputi: Basic concept of well control, Constant bottom hole pressure concept, Well barrier design, Kick causes & detection, Shut in well, Well control methods: Driller’s, Wait & Weight, Volumetric, Lube & Bleed, Bull heading, Reverse; Well control equipments, Kick tolerance, Shallow hazard, Fluid, Well control complication, termasuk well intervention topics seperti Coiled tubing, Snubbing dan Wireline well control.

Dengan peningkatan aktifitas drilling ke 20 rig dan WOWS ke 35 rig di awal 2022 nanti di WK Rokan, program WCB class memegang peranan penting dalam memastikan kompetensi Well Control personnel di operasi D&C.

PJS VP D&C M. Andi Solihin, menyampaikan bahwa proses kompetensi well control adalah salah satu keunggulan operasi di WK Rokan yang akan terus dipertahankan dan ditingkatkan. “Proses ini diharapkan memberikan pondasi yang kuat bagi WK Rokan dalam mencapai target-target operasinya secara aman dan handal. Proses kompetensi well control di WK Rokan juga berpotensi memperkaya proses yang sama di wilayah kerja Pertamina lain,’’ tutup Andi.

[Regional Sumatera]
--