Media Contact

  • Corporate Secretary
  • Arya Dwi Paramita
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 135

Head Office

  • Address: Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone: (021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

PHR WK Rokan Gelar Train The Trainer (TTT) Keselamatan Berkendara Guna Menjangkau 10.000 Pengemudi

Posted on 22-Nov-2021 10:34

Jakarta – Wilayah Kerja Rokan berada disepanjang Jalur Timur Trans Sumatra dan memiliki luas operasi lebih dari 62,000 km2, dengan kondisi jalan yang bervariasi menjadikan kegiatan mengemudi sebagai salah satu kegiatan yang resiko tinggi di WK Rokan. Oleh karena itu, setiap pengemudi wajib menerapkan praktik mengemudi selamat agar terhindar dari insiden berkendara. Untuk itu, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) WK Rokan mewajibkan pelatihan Motor Vehicle Safety Practice (MVSP) bagi setiap pengemudi kendaraan operasional. Tercatat pada Contractor Compliance and Performance Management (CCPM) – aplikasi kepatuhan Mitra Kerja di PHR WK Rokan, terdapat 4.999 kendaraan dengan 10.603 pengemudi dari Mitra Kerja. Dengan jumlah pengemudi yang sangat besar ini, diperlukan personil Trainer sebagai penyampai materi pelatihan MVSP di masing-masing Mitra Kerja. 

PHR WK Rokan Gelar Train The Trainer (TTT) Keselamatan Berkendara Guna Menjangkau 10.000 Pengemudi

Jakarta – Wilayah Kerja Rokan berada disepanjang Jalur Timur Trans Sumatra dan memiliki luas operasi lebih dari 62,000 km2, dengan kondisi jalan yang bervariasi menjadikan kegiatan mengemudi sebagai salah satu kegiatan yang resiko tinggi di WK Rokan. Oleh karena itu, setiap pengemudi wajib menerapkan praktik mengemudi selamat agar terhindar dari insiden berkendara. Untuk itu, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) WK Rokan mewajibkan pelatihan Motor Vehicle Safety Practice (MVSP) bagi setiap pengemudi kendaraan operasional. Tercatat pada Contractor Compliance and Performance Management (CCPM) – aplikasi kepatuhan Mitra Kerja di PHR WK Rokan, terdapat 4.999 kendaraan dengan 10.603 pengemudi dari Mitra Kerja. Dengan jumlah pengemudi yang sangat besar ini, diperlukan personil Trainer sebagai penyampai materi pelatihan MVSP di masing-masing Mitra Kerja.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan Trainer ini, tim OE/HES Technical Services Safety bekerja sama dengan O&M Training and Personnel Certification Team (TTPC) menyelenggarakan program Train the Trainer Training (TTT) MVSP. “Pelatihan TTT MVSP diadakan untuk membekali dan menyegarkan pengetahuan bagi Trainer MVSP baik yang baru maupun eksisting di lingkup WK Rokan, agar kebutuhan Pelatihan MVSP bagi pengemudi kendaraan operasional dan personil pendukung (buddy, spotter, flagman) dapat terpenuhi,” papar Binardi Pradana selaku Instruktur TTT MVSP LV dan MVS Process Advisor WK Rokan.

Program TTT MVSP dibagi menjadi dua kelompok, yaitu TTT MVSP Light Vehicle (LV) dan TTT MVSP Heavy Vehicle (HV), yang diadakan mulai 22 September 2021 sampai 29 Oktober 2021 sebanyak 8 sesi, yaitu 3 sesi untuk TTT MVSP LV dan 5 sesi untuk TTT MVSP HV yang diikuti oleh 436 peserta. Masing-masing sesi berlangsung selama tiga hari secara virtual dengan materi yang terdiri dari topik sbb: dasar-dasar menjadi Trainer, bahaya mengemudi, prosedur dan teknik mengemudi selamat. Ada juga topik baru yang tidak diperoleh di pelatihan sebelumnya yaitu panduan kesehatan berkendara selama pandemi, panduan pengamanan muatan barang di kendaraan berat. Untuk menilai kelulusan sebagai Trainer, setiap peserta di wajibkan untuk mengikuti pre-test, post-test, serta video praktek simulasi sebagai Trainer.

Menurut Syahril Ramadhani selaku moderator, peserta sangat antusias dan aktif mengajukan pertanyaan selama pelatihan berlangsung. Taufik salah satu peserta yang sangat aktif berharap materi ini bisa diterapkan selalu oleh pengemudi saat bekerja sampai pulang kembali dengan selamat setiap harinya.

Endah Rumbiyanti, Manager O&M Business Services menyampaikan “Terkait target, untuk semuanya adalah nihil kecelakaan di WK Rokan dan membudayakan MVS ini in and out of duty hours.”

“Tidak berhenti di pelatihan saja, untuk memudahkan berbagi informasi, wawasan, pengetahuan dan pengalaman antar Trainer   dibuatlah group Whats-App dan akan diadakan MVSP Forum untuk kendaraan ringan dan kendaraan berat pada November ini,” papar Dafit Herikson Marbun selaku Instruktur TTT MVSP dan juga sebagai MVS Subject Matter Expert di WK Rokan.

Program TTT MVSP ini mendukung dalam pencapaian environmental, social & governance (ESG), salah satunya adalah kriteria sosial dimana perusahaan berusaha untuk mengelola hubungan kerja dengan para pekerja, mitra kerja dan komunitas di mana mereka beroperasi serta kriteria governance & tata kelola dimana perusahaan membangun kepemimpinan yang mampu menjalankan prinsip tata kelola yang baik. Program TTT MVSP ini mendukung berjalannya tata kelola berkendara dan keselamatan yang baik di dalam suatu perusahaan.

[Regional Sumatera]

--