Media Contact

  • Corporate Secretary
  • Whisnu Bahriansyah
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 135

Head Office

  • Address:Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone:(021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

Workshop Secara Daring, HSE Forum Wakatek Subholding Upstream

Posted on 20-Nov-2020 05:04

Jakarta – HSSE PT Pertamina Hulu Energi Subholding Upstrem menggelar workshop secara daring, yaitu HSE Forum Wakatek pada hari Kamis, tanggal 12 November 2020.  Acara tersebut dihadiri sebanyak 319 peserta dari level management dan operation site leader. Tujuan acara ini adalah sebagai pembekalan Wakatek (Wakil Kepala Teknik Tambang) dalam aspek HSE Barrier. Jumlah wakatek di SHU sebanyak 297 orang. 

Workshop Secara Daring, HSE Forum Wakatek Subholding Upstream

Jakarta – HSSE PT Pertamina Hulu Energi Subholding Upstrem menggelar workshop secara daring, yaitu HSE Forum Wakatek pada hari Kamis, tanggal 12 November 2020.  Acara tersebut dihadiri sebanyak 319 peserta dari level management dan operation site leader. Tujuan acara ini adalah sebagai pembekalan Wakatek (Wakil Kepala Teknik Tambang) dalam aspek HSE Barrier. Jumlah wakatek di SHU sebanyak 297 orang.

Direktur Pengembangan & Produksi, Subholding Upstream, Taufik Aditiyawarman mengatakan kegiatan HSE Forum Wakatek ini harapannya menyatukan persepsi dan langkah dalam rangka meningkatkan kinerja HSSE Subholding Upstreams, dan juga didasari dari beberapa kejadian insiden HSSE baik kecelakaan kerja dan kesehatan tidak recordable, yang frekuensi kejadiannya masih tinggi. Diharapkan untuk Wakatek sebagai pimpinan di lapangan bisa memastikan tim lapangan aman dan sehat, memiliki pemahaman   safety culture, awareness, pemahaman risiko yang baik. Tidak ada pekerjaan yang penting dengan mengabaikan keselamatan. Keselamatan para pekerja di utamakan.

Dalam sambutannya VP HSSE Subholding Upstream menyampaikan HSE Forum ini selain sudah lama tidak di selenggarakan juga menjadi perhatian dari BOD bahwa dalam waktu singkat, dalam beberapa minggu terakhir intensitas kejadian kecelakaan di lingkungan SHU meningkat,maka perlu dilakukan langkah-langkah upaya-upaya mencegah terjadinya kejadian insiden dengan lebiih terukur dan HSSE mensupport para Wakatek, memastikan upaya-upaya tersebut memadai dan konsisten diijalankan.

Pada HSE Forum Wakatek ini menghasilkan output untuk dibuatkan program HSSE lintas fungsi, seluruh regional dengan menyusun HSE Plan yaitu : Identifikasi TOP Event, Probilitas kemungkinan terjadi TOP Event, membuat HSSE Barrier dan langkah-langkahnya dengan menggunakan metode Bow tie dalam pembuatan HSE Plan ditiap lapangan. Realisasinya akan di monitor dan diverifikasi oleh BOD dan secara random HSE Plan akan di tanyakan oleh BOD.

Proses HSE Survey dilakukan sebagai pemetaan dan pengukuran baseline HSE Knowledge dan Pembekalan prinsip dasar HSSE Barrier untuk seluruh WaKatek Tambang agar mendapatkan peningkatan data statistic knowledge yang dimiliki.

Dengan Peserta yang sangat antusias, dan semua sangat berharap HSE Forum Wakatek ini dilakukan secara rutin, dengan harapan akan “saling mendengarkan” melalui forum – forum serupa     sebagai media Silaturahmi dan Konsolidasi operasi khususnya terkait issue – issue HSSE di Lingkungan Upstream.  

 [HSSE PHE]

--