Media Contact

  • Corporate Secretary
  • Whisnu Bahriansyah
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 135

Head Office

  • Address:Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone:(021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

Peringati HUT Kabupaten Kepulauan Seribu, PHE ONWJ Bersama Suku Dinas Lingkungan Hidup Gelar Perlombaan Kampung Iklim

Posted on 17-Nov-2020 02:31

Kepulauan Seribu – salah satu anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE), PHE OWNJ, turut berpartisipasi aktif di lingkungan masyarakat sekitar wilayah Operasi dengan menggelar perlombaan kampung iklim bersama Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka. Sabtu, (14/11). 

Peringati HUT Kabupaten Kepulauan Seribu, PHE ONWJ Bersama Suku Dinas Lingkungan Hidup Gelar Perlombaan Kampung Iklim

Kepulauan Seribu – salah satu anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE), PHE OWNJ, turut berpartisipasi aktif di lingkungan masyarakat sekitar wilayah Operasi dengan menggelar perlombaan kampung iklim bersama Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka. Sabtu, (14/11).

Perlombaan ini digelar untuk memperingati HUT Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu ke-19, serta dalam rangka mendorong masyarakat untuk melakukan peningkatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim, penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan memberikan penghargaan terhadap upaya-upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilaksanakan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Pelaksanaan Proklim mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 84 tahun 2016 tentang Program Kampung Iklim. Di dalamnya terkandung komponen utama, syarat pengusulan, penilaian dan kategori Proklim. Dalam peraturan menteri tersebut juga disinggung bahwa Proklim dapat dikembangkan dan dilaksanakan pada wilayah administrative paling rendah setingkat Rukun Warga (RW) atau dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan atau desa.

Proklim tersebut digelar dan dilakukan sejak Oktober, dan diikuti sebanyak 24 RW yang ada di enam kelurahan dan terdapat 6 (enam) pemenang dengan skema, yaitu: Juara 1, Juara 2, Juara 3, Juara Harapan 1, Juara Harapan 2, Juara Harapan 3. Dalam penyelenggaraan Kegiatan program kampung iklim dihadiri oleh Junaedi, S.Sos, M.Si selaku Bupati Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Djoko Rianto Budi Hartono selaku Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu. Harapannya setiap RW yang ada di enam kelurahan akan terus berlomba-lomba untuk melakukan penghijauan di wilayahnya, dalam rangka antisipasi dan pencegahan dampak perubahan iklim.

Pemenang Perlombaan program kampung iklim sebagai juara pertama diraih oleh RW 02 Kelurahan Pulau Tidung, Juara kedua RW 04 Kelurahan Pulau Tidung, dan Juara ketiga oleh RW 01 Kelurahan Pulau Untung Jawa. Sementara juara harapan satu diraih RW 01 Kelurahan Pulau Tidung, juara harapan dua RW 01 Kelurahan Pulau Panggang dan juara harapan ketiga oleh RW 02 Pulau Lancang.

[PHE ONWJ]

--