Media Contact

  • Corporate Secretary
  • Arya Dwi Paramita
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 135

Head Office

  • Address: Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone: (021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

PHE ONWJ Laksanakan Kegiatan Site Visit Audit Lingkungan Hidup Tahun 2021 Bersama KLHK

Posted on 28-Sep-2021 09:24

Jakarta – Sebagai komitmen perusahaan dalam memenuhi Pelaksanaan Audit Lingkungan tahun 2021 yang diwajibkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), PHE ONWJ yang tergabung dalam Zona 5 Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina, telah melakukan kegiatan site visit pada pekan lalu (15-17/09). Audit ini merupakan tindak lanjut dari surat dan persetujuan Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan KLHK terutama terkait kegiatan transmisi migas laut dengan tekanan = 16 bar atau panjang = 100 km. 

PHE ONWJ Laksanakan Kegiatan Site Visit Audit Lingkungan Hidup Tahun 2021 Bersama KLHK

Jakarta – Sebagai komitmen perusahaan dalam memenuhi Pelaksanaan Audit Lingkungan tahun 2021 yang diwajibkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), PHE ONWJ yang tergabung dalam Zona 5 Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina, telah melakukan kegiatan site visit pada pekan lalu (15-17/09). Audit ini merupakan tindak lanjut dari surat dan persetujuan Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan KLHK terutama terkait kegiatan transmisi migas laut dengan tekanan = 16 bar atau panjang = 100 km.

Site visit dihadiri langsung oleh tim KLHK yang diwakili oleh Esther Simon selaku Kasubdit Audit Lingkungan dan Data Informasi dan Farid Mohammad, Kepala Seksi Audit Lingkungan dan Tindak Lanjut beserta tim auditor yang ditunjuk oleh KLHK.

Cakupan aktivitas saat site visit berlangsung meliputi observasi perairan Kepulauan Seribu, verifikasi ORF Tanjung Priuk & Muara Karang, flyover di wilayah kerja ONWJ dan wawancara kepada stakeholders baik secara virtual maupun tatap muka dengan SKK Migas, DLH Jawa Barat, DLH DKI Jakarta, Sudin LH Kepulauan Seribu, DLHK Kab. Karawang, KSOP, BNPB, masyarakat Kepulauan   Seribu serta Kab. Karawang.

Achmad Agus Miftakhurrohman selaku General Manager Zona 5 menyampaikan bahwa PHE ONWJ akan berkomitmen untuk melakukan improvement atas hasil laporan audit dan berharap dapat menjadi role model mengingat PHE ONWJ merupakan perusahaan dari bidang hulu minyak dan gas pertama yang melakukan kegiatan Audit Wajib Lingkungan Hidup.

Pada kesempatan yang sama, Bagus Edvantoro selaku VP Bidang Operasi SKK Migas turut menyampaikan harapannya agar rekomendasi dari hasil kegiatan audit lingkungan ini dapat meningkatkan improvement di wilayah kerja PHE ONWJ.

Berbagai pihak turut terlibat dan berkontribusi pada sesi penutupan site visit yang digelar secara virtual, meliputi auditor, KLHK, SKK Migas yang diwakili oleh VP Bidang Operasi SKK Migas dan Spesialis Madya Operasi SKK Migas, Senior Manager HSSE Regional 2, General Manager Zona 5 beserta seluruh jajaran manajemen dan Tim Task Force   Audit Lingkungan Hidup Zona 5.

Tindak lanjut ke depan, tim auditor akan menyusun laporan Audit Wajib Lingkungan Hidup PHE ONWJ untuk kemudian dibahas dalam rapat pembahasan hasil audit bersama PHE ONWJ, KLHK dan pihak terkait. 

[Regional Jawa]
--