Media Contact

  • Corporate Secretary
  • Arya Dwi Paramita
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 135

Head Office

  • Address: Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone: (021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

Awali Kajian Aspek Psikososial di Masa Pandemi Covid-19, PHE ONWJ Lakukan Kick-Off Meeting Bersama Jajaran Manajemen

Posted on 28-Sep-2021 09:35

Jakarta – PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) yang tergabung dalam Zona 5 Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina mengadakan kick-off meeting bersama Jajaran Manajemen sebagai langkah awal pelaksanaan kegiatan Kajian Aspek Psikososial di Masa Pandemi Covid-19 PHE ONWJ pada Kamis (09/09). 

Awali Kajian Aspek Psikososial di Masa Pandemi Covid-19, PHE ONWJ Lakukan Kick-Off Meeting Bersama Jajaran Manajemen

Jakarta – PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) yang tergabung dalam Zona 5 Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina mengadakan kick-off meeting bersama Jajaran Manajemen sebagai langkah awal pelaksanaan kegiatan Kajian Aspek Psikososial di Masa Pandemi Covid-19 PHE ONWJ pada Kamis (09/09).

Kajian aspek psikososial pada Pekerja PHE ONWJ dilatarbelakangi adanya pandemi Covid-19 yang berkepanjangan sehingga menuntut Perusahaan untuk dapat beradaptasi, mengimplementasikan transformasi organisasi serta rekomendasi hasil audit PAS 99 dalam melakukan pengembangan penilaian bahaya psikososial di area PHE ONWJ. Berkolaborasi dengan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI), kajian ini digelar oleh Fungsi Health - HSSE Operations Zona 5 bekerja sama dengan Pusat Kajian dan Terapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (PKTK3 FKM UI) dalam menilai aspek psikososial yang berpotensi menimbulkan stres pada Pekerja PHE ONWJ.

Dilaksanakan secara virtual, kick-off meeting Kajian Aspek Psikososial di Masa Pandemi Covid-19 dihadiri oleh General Manager Zona 5, Senior Manager Human Capital Regional Jawa, Senior Manager Subsurface Development & Planning, Manager HSSE Operations, Manager SCM & Asset Management, Manager East Production, Manager West Production, Manager Well Intervention, serta Jajaran Manajemen Zona 5 lainnya dari setiap divisi. Kick-off meeting ini sekaligus menjadi sarana sosialisasi untuk mendapatkan dukungan dari Manajemen  terhadap pelaksanaan kegiatan kajian aspek psikososial pada pekerja PHE ONWJ.

General Manager Zona 5, Achmad Agus Miftakhurrohman menyambut baik dan memberikan dukungan terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Pada sesi pembukaan acara, beliau berkesempatan menyampaikan isu-isu psikososial yang sedang dialami oleh Pekerja terkait pandemi Covid-19 dan dan dampak dari reorganisasi. Hal ini sebagai acuan Perusahaan untuk mencari balancing dalam mengelola aspek baik terkait pekerjaan maupun di luar pekerjaan (work life balance). Tujuannya agar kesehatan Pekerja dan keluarga Pekerja serta keberlangsungan bisnis Perusahaan dapat terjaga.

Turut hadir pada acara tersebut, Mira Tripuspita selaku Senior Manager Human Capital Regional Jawa. Mira menyampaikan bahwa sudah ada lebih dari 85 kasus semenjak berjalannya program PSYCHE yang dikembangkan Perusahaan. “Hal ini memberikan pesan kepada Manajemen bahwa Pekerja perlu lebih diperhatikan lagi aspek psikologisnya”.

Senada dengan Achmad Agus, Mira juga menyampaikan dukungan dan harapannya terkait pengkajian aspek psikososial. “Meskipun pemicunya adalah rekomendasi hasil audit, diharapkan setelah dilakukan kajian dan evaluasi ini, intervensi-intervensi yang direkomendasikan dapat diterapkan lebih luas dari PHE ONWJ”, tambah Mira.

Selanjutnya, Manager HSSE Operation, Agus Sucahyo juga menyampaikan harapannya bahwa kajian aspek psikososial yang dilakukan bekerja sama dengan Tim Universitas Indonesia mampu menggali lebih dalam lagi terkait faktor psikososial yang dirasakan oleh Pekerja dan memperoleh solusi terbaik sebagai arahan bagi Fungsi Health untuk mengembangkan program yang menyentuh kenyamanan saat bekerja sehingga dampak yang ditimbulkan dari bahaya psikososial tidak signifikan dan target pekerjaan dapat tercapai.

“Diharapkan seluruh Jajaran Manajemen dari setiap divisi dapat mendukung pelaksanaan Kajian aspek psikososial ini sehingga hasil kajian yang dilakukan dapat memberikan gambaran yang nyata serta rekomendasi hasil audit PAS 99 dapat terpenuhi”, papar Agus Sucahyo.

Pada kesempatan yang sama, dr. Yusrif Rinaldi, Assistant Manager Health – HSSE Operation juga menyampaikan bahwa kegiatan penilaian faktor psikososial yang dapat menimbulkan stres kerja merupakan salah satu upaya untuk melindungi pekerja dari gangguan kesehatan sehingga dari hasil kajian ini diharapkan dapat dilakukan pengendalian yang tepat.

Menutup agenda kick-off meeting, General Manager Zona 5 kembali menyampaikan bahwa hasil kajian aspek psikososial pada Pekerja PHE ONWJ diharapkan dapat menjadi feedback untuk Tinjauan Manajemen dalam melakukan perbaikan dan menciptakan lingkungan kerja yang semakin nyaman dan penguatan organisasi.

[Regional Jawa]
--