Media Contact

  • VP Relations
  • Ifki Sukarya
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 1500000

Head Office

  • Address:Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone:(021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

PHE OSES Gelar Cross Inspection & Management Walkthrough Secara Berkala di Taengah Pandemik Covid-19

Posted on 08-Sep-2020 03:38

Berawal dari kegiatan diskusi rutin dari anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE), PHE Offshore South East Sumatera (OSES), mengenai aspek HSSE melalui Ms. Teams yang dipimpin langsung oleh General Manager PHE OSES, Alfi Rusin, dengan para leaders Fungsi Operasi dan Fungsi QHSSE Operations, lahirlah sebuah gagasan untuk memadukan kegiatan Cross Inspection (Inspeksi Silang) dan kegiatan Management Walk Through (MWT) dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas inspeksi lapangan dengan cara melakukan inspeksi silang antar fungsi operasi sehingga bisa saling memotret kondisi sebenarnya dari semua fasilitas operasi produksi, baik kondisi yang aman maupun tidak aman yang perlu segera dilakukan perbaikan. 

PHE OSES Gelar Cross Inspection & Management Walkthrough Secara Berkala di Taengah Pandemik Covid-19

Berawal dari kegiatan diskusi rutin dari anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE), PHE Offshore South East Sumatera (OSES), mengenai aspek HSSE melalui Ms. Teams yang dipimpin langsung oleh General Manager PHE OSES, Alfi Rusin, dengan para leaders Fungsi Operasi dan Fungsi QHSSE Operations, lahirlah sebuah gagasan untuk memadukan kegiatan Cross Inspection (Inspeksi Silang) dan kegiatan Management Walk Through (MWT) dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas inspeksi lapangan dengan cara melakukan inspeksi silang antar fungsi operasi sehingga bisa saling memotret kondisi sebenarnya dari semua fasilitas operasi produksi, baik kondisi yang aman maupun tidak aman yang perlu segera dilakukan perbaikan.

Hingga saat ini PHE OSES telah melakukan Tiga (3) kali Cross Inspection dan Empat (4) kali MWT secara berkala dan bersamaan sepanjang bulan Juni, Juli dan Agustus 2020. Hal ini merupakan bentuk komitmen manajemen PHE OSES dalam menerapkan Manajemen Sistem HSSE yang berbasis risiko dan semangat untuk melakukan perbaikan secara terus menerus dan berkelanjutan (Continuous Improvement).

Hal ini sejalan dengan Program Audit SUPREME (Sustainability Pertamina Expectations for HSSE Management Excellence) dan ISRS (International Sustainability Rating System) yang akan dilaksanakan di PHE OSES tahun 2020 ini.

Dari pelaksanaan Cross Inspection dan MWT tersebut, PHE OSES menemukan total 243 temuan kondisi tidak aman yang terdiri dari 9 temuan di AWB Superior dan NBU (North Business Unit), 89 temuan di fasilitas Gas Plant dan Power Plant, 110 temuan di Anjungan Selatan A dan Cinta Complex di SBU (South Business Unit) dan 35 temuan di Ship 114. Dari 243 temuan kondisi tidak aman tersebut, 197 temuan sudah dilakukan perbaikan (81%) dan 46 temuan sedang dalam proses perbaikan (19%).

Selain kondisi tidak aman, ditemukan juga temuan yang baik yaitu kondisi peralatan terawat baik dan dalam kondisi aman sebanyak total 121 temuan. Temuan yang baik ini dijadikan percontohan bagi fungsi operasi yang lainnya.

Masa pandemik Covid-19 ini, tidak menyurutkan semangat pekerja PHE OSES untuk terus bekerja dan berkarya, bahkan kegiatan Cross Inspection dan MWT ini akan terus dilakukan secara berkala dan bersamaan hingga akhir tahun 2020 dan tahun-tahun selanjutnya, dengan demikian, diharapkan kegiatan ini bias menciptakan tempat kerja yang aman dan nyaman bagi semua pekerja PHE OSES.

[PHE OSES]

--