Media Contact

  • Corporate Secretary
  • Arya Dwi Paramita
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 135

Head Office

  • Address: Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone: (021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

Tuntaskan Pemulihan Lingkungan, PHE ONWJ Selesaikan 9 Dari 10 RPFLH

Posted on 28-Sep-2021 09:31

Jakarta – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK) cq. Direktorat Pemulihan Kontaminasi dan Tanggap Darurat Limbah B3 (PKTDLB3) melakukan pembahasan keberhasilan penyelesaian pemulihan 2 (dua) dokumen Rencana Pemulihan Fungsi Lingkungan Hidup (RPFLH) yang diajukan oleh PHE ONWJ, khususnya nomor 7 dan 8 untuk wilayah Provinsi Banten dan Kep. Seribu melalui video conference, pada Selasa (14/09). 

Tuntaskan Pemulihan Lingkungan, PHE ONWJ Selesaikan 9 Dari 10 RPFLH

Jakarta – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK) cq. Direktorat Pemulihan Kontaminasi dan Tanggap Darurat Limbah B3 (PKTDLB3) melakukan pembahasan keberhasilan penyelesaian pemulihan 2 (dua) dokumen Rencana Pemulihan Fungsi Lingkungan Hidup (RPFLH) yang diajukan oleh PHE ONWJ, khususnya nomor 7 dan 8 untuk wilayah Provinsi Banten dan Kep. Seribu melalui video conference, pada Selasa (14/09).

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan verifikasi lapangan dan supervisi yang telah dilakukan sebelumnya. Rapat dipimpin dan dibuka oleh Direktur Direktorat Pemulihan Kontaminasi dan Tanggap Darurat Limbah B3 (PKTDLB3) DR. Ir Haruki Agustina, MS. Dalam sambutannya, Haruki menyampaikan apresiasi kepada PHE ONWJ yang telah berkomitmen untuk menyelesaikan pemulihan sesuai dengan target yang telah ditentukan meskipun menghadapi banyak rintangan terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

Achmad Agus Mifthakhurohman selaku General Manager PHE ONWJ pun turut mengungkapkan apresiasinya. “Terimakasih atas semua kerja keras tim pemulihan dan kepada seluruh stakeholder yang telah mendukung kegiatan pemulihan lingkungan”.

Berbagai pihak terkait turut hadir dan menyatakan dukungannya kepada PHE ONWJ, mancakup pakar KLHK Prof Ir. Edwan Kardena, MSc.,PhD dan Prof Ir. Agus Muhamad Ramdan MSc., PhD. serta dihadiri antara lain Perwakilan Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (BKSDA), Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jakarta, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Banten, DLH Kab. Tangerang, DLH Kab. Serang dan suku dinas Lingkungan Hidup Kep. Seribu. Keseluruhan stakeholder yang hadir mengapresiasi komitmen PHE ONWJ terhadap pemulihan dan siap untuk mendukung PHE ONWJ jika ingin melakukan monitoring kembali.

Tak terkecuali Ivan Fadlan Azmi selaku Manager Senior K3LL SKK Migas menyampaikan dukungannya kepada PHE ONWJ. “Kegiatan pemulihan yang telah dilakukan PHE ONWJ ini diharapkan menjadi guidance dan role model untuk semua perusahaan lain jika melakukan pemulihan”.

Beranjak sesi selanjutnya yakni pembahasan Surat Status Penyelesaian Lahan Terkontaminasi (SSPLT) untuk RPFLH Nomor 7 dan 8 yang telah dipresentasikan. Pada kesempatan tersebut, KLHK melalui DR. Ir Haruki Agustina, MS. menyatakan persetujuannya atas keberhasilan pemulihan lingkungan yang diupayakan oleh PHE ONWJ.

Pasca adanya lampu hijau dari KLHK, saat ini tim pemulihan PHE ONWJ fokus menindaklanjuti pengajuan SSPLT untuk RPFLH Nomor 7 dan 8 dan berharap segera dirilis dalam waktu dekat. Kemajuan kegiatan pemulihan PHE ONWJ tak lain berkat komitmen yang tinggi oleh management PHE ONWJ dan kerja cerdas dari seluruh pihak yang terlibat di kegiatan pemulihan lingkungan hidup.

[Regional Jawa]
--