Media Contact

  • VP Relations
  • Ifki Sukarya
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 1500000

Head Office

  • Address:Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone:(021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

PHE OSES Salurkan Sembako Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19 di Pulau Sebira – Kabupaten Kepulauan Seribu

Posted on 02-Jun-2020 03:09

Kepulauan Seribu - Sebagai pulau yang berada di wilayah kerja PHE OSES, Pulau Sebira merupakan wilayah terluar dari Kabupaten Kepulauan Seribu yang terletak di Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Sebanyak 185 kepala keluarga yang mendiami pulau tersebut mayoritas berprofesi sebagai nelayan dan sebagian besar penduduknya berasal dari Bugis, Sulawesi Selatan. Pulau ini memiliki penangkaran penyu sisik hasil swadaya masyarakat dan dikelilingi oleh mangrove yang berfungsi untuk menahan abrasi.  

PHE OSES Salurkan Sembako Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19 di Pulau Sebira – Kabupaten Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu - Sebagai pulau yang berada di wilayah kerja PHE OSES, Pulau Sebira merupakan wilayah terluar dari Kabupaten Kepulauan Seribu yang terletak di Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Sebanyak 185 kepala keluarga yang mendiami pulau tersebut mayoritas berprofesi sebagai nelayan dan sebagian besar penduduknya berasal dari Bugis, Sulawesi Selatan. Pulau ini memiliki penangkaran penyu sisik hasil swadaya masyarakat dan dikelilingi oleh mangrove yang berfungsi untuk menahan abrasi. Dengan adanya pandemi Covid-19 yang terjadi di Provinsi DKI Jakarta sangat berdampak bagi kehidupan keluarga nelayan di pulau yang pada era penjajahan Belanda dikenal dengan nama Noord Watcher bermakna “Penjaga Utara” kemudian  disebut Pulau Jaga Utara. Mereka memiliki keterbatasan akses dalam berniaga yang mengakibatkan perekonomian di pulau tersebut sedikit terhambat sehingga menimbulkan kekhawatiran akan penyebaran virus corona di Pulau Sabira.

Menyadari kondisi ini, PHE OSES menunjukkan kepedulian dengan menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat utamanya di sekitar wilayah operasi yang terdampak oleh penyebaran virus Covid-19. Bantuan yang dikemas berupa 185 paket sembako yang terdiri dari 5 kg beras, 2 liter minyak goreng, garam, gula, mie instan, makanan ringan, dan sabun cuci tangan diserahkan pada Rabu 20 Mei 2020 melalui pelabuhan Kamal sebagai jalan utama jalur distribusi logistik dan  transportasi masyarakat Pulau Sebira. Penyerahan bantuan diterima oleh Gunawan sebagai Ketua Karang Taruna RW 03 sebagai perwakilan masyakat Pulau Sabira dengan tetap mengutamakan keselamatan diikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan yakni menggunakan masker dan menjaga jarak.

Paket sembako kemudian dibawa ke Pulau Sebira dengan menempuh perjalanan laut menggunakan kapal tradisional nelayan selama 8 jam memulai perjalanannya pada dini hari. Bantuan paket sembako tiba di dermaga Pulau Sebira pada keesokan harinya, Kamis 21 Mei 2020, disambut dengan sukacita oleh warga pulau yang telah menantikan pembagian bantuan dari PHE OSES.  Tanpa menunda waktu lebih lama Ketua RW 03 Pulau Sabira membagikan kepada seluruh warga secara tertib dan teratur dengan tetap mengutamakan keselamatan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan yakni menggunakan masker dan menjaga jarak.

“Saya, mewakili masyarakat Pulau Sabira, mengucapkan terima kasih atas kepedulian PHE OSES dan mengapresiasi perhatian yang diberikan kepada masyarakat Pulau Sebira,” imbuh Ali Kurniawan sebagai Ketua RW 03 Pulau Sabira. Besar harapan bagi masyarakat Pulau Sabira sebagai tetangga terdekat dari PHE OSES agar silaturahmi tetap terjaga dengan baik sehingga mampu memperkuat hubungan harmonis dengan PHE OSES.

PHE OSES juga menerapkan protokol yang ketat terhadap pekerja yang keluar masuk ke fasilitas operasi perusahaan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 antara lain dengan melakukan rapid test untuk pekerja dan Mitra Kerja PHE OSES selama masa pandemi sejak bulan Maret hingga saat ini. Melakukan pembatasan kegiatan operasi diluar area kerja dan memberlakukan physical distancing bagi pekerja yang sedang on duty. Serta memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada seluruh pekerja dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai upaya pencegahan dini.

--