Media Contact

  • Corporate Secretary
  • Arya Dwi Paramita
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 135

Head Office

  • Address: Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone: (021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

Penggelaran Peralatan Offshore untuk Latihan Penanggulangan Tumpahan Minyak di PHE WMO

Posted on 22-Nov-2021 10:32

Bangkalan – PHE WMO menggelar latihan penanggulangan tumpahan minyak dalam bentuk penggelaran peralatan offshore pada Jumat (22/11) di perairan sebelah utara pulau Madura. 

Penggelaran Peralatan Offshore untuk Latihan Penanggulangan Tumpahan Minyak di PHE WMO

Bangkalan – PHE WMO menggelar latihan penanggulangan tumpahan minyak dalam bentuk penggelaran peralatan offshore pada Jumat (22/11) di perairan sebelah utara pulau Madura.

Latihan ini dilakukan oleh Tim Penanggulangan Tumpahan Minyak yang merupakan bagian dari Site Emergency Response Team. Latihan disaksikan oleh pihak kesyahbandaran UPP Telaga Biru sebagai observer. Semua tim yang terlibat menjalani protokol pencegahan penyebaran Covid-19 sebelum onboard, yaitu karantina di Safe House dan melakukan PCR sesuai   ketentuan perusahaan.

Dalam sambutannya, WMO Field Manager - Sapto Agus Sudarmanto ,menjelaskan bahwa latihan ini sebagai wujud compliance/kepatuhan terhadap peraturan Kementrian Perhubungan no. 58 Tahun 2013. “Latihan ini sebagai upaya memastikan kesiapan dalam penanggulangan keadaan darurat khususnya untuk skenario tumpahan minyak,” tambah Sapto.

Latihan ini meliputi briefing persiapan keselamatan personel, skenario yang akan dilakukan dan jalur komunikasi semua pihak yang terlibat, termasuk kapal deployment dan towing. Dilanjutkan dengan persiapan towing equipment, boom deployment, skimmer deployment - test function, membentuk konfigurasi dengan towing vessel, penggulungan kembali oil boom dan diakhiri dengan briefing evaluasi.

Diharapkan dengan dilakukannya deployment tumpahan minyak ini menjadikan Tim Penanggulangan Tumpahan Minyak semakin siap dalam menanggapi keadaan darurat sehingga tidak sampai tereskalasi.

[Regional Indonesia Timur]

--