Media Contact

  • VP Relations
  • Ifki Sukarya
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 1500000

Head Office

  • Address:Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone:(021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

Pelatihan Keterampilan Masyarakat di Kecamatan Soko Pewarnaan Kain dengan Teknik “Shibori”

Posted on 05-Nov-2019 01:43

Tuban – Seiring dengan meningkatnya perkembangan zaman, sudah selayaknya masyarakat mulai menyadari betapa pentingnya untuk dapat menghadirkan “makna” dan aspek seni di dalam tatanan masyarakat. PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Melalui anak Perusahaannya, PHE Tuban East Java (TEJ) pun menggelar kegiatan pelatihan keterampilan sekaligus karya seni, berupa pewarnaan motif kain dengan teknik “Shibori”. 

Pelatihan Keterampilan Masyarakat di Kecamatan Soko Pewarnaan Kain dengan Teknik “Shibori”

Tuban Seiring dengan meningkatnya perkembangan zaman, sudah selayaknya masyarakat mulai menyadari betapa pentingnya untuk dapat menghadirkan “makna” dan aspek seni di dalam tatanan masyarakat. PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Melalui anak Perusahaannya, PHE Tuban East Java (TEJ) pun menggelar kegiatan pelatihan keterampilan sekaligus karya seni, berupa pewarnaan motif kain dengan teknik “Shibori”.

Program yang disiapkan oleh PHE TEJ ini berfokus kepada masyarakat di Kecamatan Soko dan Kabupaten Tuban. Kegiatan ini dilaksanakan pada 22-23 Oktober 2019, dan berhasil menarik perhatian sebanyak 25 partisipan.

Suwito selaku Camat di Kecamatan Soko mengatakan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi warganya, mengingat pewarnaan kain  dapat menjadi modal keterampilan sehingga diharapkan kedepannya dapat mengurangi jumlah pengangguran di wilayahnya. Ia pun berharap para peserta mampu memanfaatkan keterampilan yang sudah dimiliki secara maksimal untuk dapat berwirausaha.

PHE TEJ mengajak partisipasi pemuda-pemudi setempat agar memiliki ruang untuk berkespresi melalui kreativitas. Suwito berharap nantinya hasil karya putra-putri setempat dapat membantu menunjang perekonomian Kecamatan Soko.

Dengan memasukkan citra budaya setempat dan menggunakan pewarnaan serta metode alami, potensi desa dapat ditingkatkan dan dikembangkan. Sehingga, program “SHIBORI” ini kedepannya      menjadi acuan utama warga Kecamatan Soko karena memiliki kecocokan dengan kondisi lingkungan pedesaan yang memiliki bahan baku yang berlimpah.

[TEJ]
--