Media Contact

  • Corporate Secretary
  • Arya Dwi Paramita
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 135

Head Office

  • Address: Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone: (021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

Regional Kalimantan Gelar Virtual Podcast Talk, Grow & Inspire on Friday (TGIF)

Posted on 13-Oct-2021 02:24

Jakarta – Guna menginternalisasikan nilai-nilai AKHLAK, PT Pertamina Hulu Indonesia sebagai Regional Kalimantan Subholding Upstream menggelar program Talk, Grow & Inspire on Friday (TGIF) yang berlangsung interaktif dan mendalam. Dengan format virtual podcast, narasumber Direktur Utama Pertamina Hulu Indonesia, Chalid Said Salim dan moderator Manager Communication, Relations & CID Regional 3, Dony Indrawan seolah sedang berdiskusi secara santai di tempat yang sama (10/09). 

Regional Kalimantan Gelar Virtual Podcast Talk, Grow & Inspire on Friday (TGIF)

Jakarta – Guna menginternalisasikan nilai-nilai AKHLAK, PT Pertamina Hulu Indonesia sebagai Regional Kalimantan Subholding Upstream menggelar program Talk, Grow & Inspire on Friday (TGIF) yang berlangsung interaktif dan mendalam. Dengan format virtual podcast, narasumber Direktur Utama Pertamina Hulu Indonesia, Chalid Said Salim dan moderator Manager Communication, Relations & CID Regional 3, Dony Indrawan seolah sedang berdiskusi secara santai di tempat yang sama (10/09).

Dalam talk show ini dikupas problematika dalam pekerjaan sehari-hari yang sering tidak disadari Perwira bahwa ada nilai-nilai AKHLAK yang dapat diterapkan. Misalnya dalam membahas nilai Amanah, sering terjadi ketika perwira mengambil keputusan yang hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi dan terpaksa mengemas pelaporan untuk menutupi kesalahan karena khawatir keputusan yang diambil tersebut berdampak pada keberlanjutan karirnya.

Mengenai hal ini Chalid menjawab, “Formulanya, kegagalan tidak menamatkan hidup seseorang, artinya harus ada pelajaran yang diambil dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Perwira maupun saya sendiri pasti pernah merasakan mengambil keputusan yang ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi, yang terpenting adalah niat yang benar, pengambilan keputusan berdasarkan data yang faktual dan metode yang tepat. Jika hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi maka hal tersebut dapat dipertanggungjawabkan. Jika ada hal yang dikemas sehingga menutup-nutupi kesalahan dan semua orang merasa baik-baik saja maka hal itu bertentangan dengan prinsip Amanah dan kesalahan yang sama bisa terulang lagi.”  Contoh-contoh kasus terkait nilai-nilai AKHLAK lainnya yaitu Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif juga dibahas.

Dalam rangkaian acara juga digelar AKHLAK Challenge, kompetisi untuk Perwira berbagi pengalamannya dalam menerapkan nilai-nilai AKHLAK, Quiz dan juga Door Prize. Chalid mendukung pelaksanaan TGIF ini yang melibatkan top management hingga working level di Regional Kalimantan agar AKHLAK menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari kita.

Dalam TGIF, yang merupakan salah satu program dari Subholding Upstream, para Leader dapat berinteraksi dengan Perwira dalam pembahasan AKHLAK dan topik-topik terkait untuk membangun motivasi dan inspirasi. Kegiatan TGIF Regional Kalimantan (10/09) ini merupakan pioneer dari TGIF 2nd wave di seluruh Subholding Upstream dengan fokus utama pendalaman dari masing-masing nilai-nilai AKHLAK. Adapun program TGIF 1st wave sudah dilaksanakan sebelum reorganisasi Subholding Upstream oleh beberapa anak perusahaan Pertamina dengan berfokus kepada pengenalan nilai-nilai AKHLAK secara umum dan PT Pertamina Hulu Indonesia juga telah menyelenggarakannya pada 5 Februari 2021 lalu.

[Regional Kalimantan]
--