Media Contact

  • Corporate Secretary
  • Arya Dwi Paramita
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 135

Head Office

  • Address: Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone: (021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

Sinergi dengan Pemda Bojonegoro, Pertamina EP Sukowati Field Tanam Ribuan Pohon Buah

Posted on 31-Dec-2021 07:49

Bojonegoro – Pertamina EP Sukowati Field yang termasuk dalam Zona 11 Regional Indonesia Timur Subholding Upstream bersama Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melakukan penanaman pohon di Waduk Pacal, Desa Kedung Sumber, Kecamatan Temayang, Minggu (26/12). Sekitar 2000 tanaman buah-buahan seperti mangga, alpukat, jambu kristal, nangka, serta tanaman lainnya yang ditanam pada kegiatan tersebut. 

Sinergi dengan Pemda Bojonegoro, Pertamina EP Sukowati Field Tanam Ribuan Pohon Buah

Bojonegoro – Pertamina EP Sukowati Field yang termasuk dalam Zona 11 Regional Indonesia Timur Subholding Upstream bersama Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melakukan penanaman pohon di Waduk Pacal, Desa Kedung Sumber, Kecamatan Temayang, Minggu (26/12). Sekitar 2000 tanaman buah-buahan seperti mangga, alpukat, jambu kristal, nangka, serta tanaman lainnya yang ditanam pada kegiatan tersebut.

Manager Pertamina EP Sukowati Field, Totok Parafianto, mengatakan, Sukowati Field bersinergi dengan Pemkab Bojonegoro baik Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kecamatan, juga Pemerintah Desa dengan melaksanakan program penghijauan. “Terlebih, program penghijauan ini juga telah dicanangkan Bupati Anna Mu’awanah,” ujarnya.

Dengan adanya penanaman pohon di Waduk Pacal ini diharapkan mampu mengurangi endapan dan erosi tebing di sekitar waduk, serta dapat melestarikan lingkungan. “Jangka panjangnya, bisa dijadikan agrowisata petik buah,” tandasnya. Sehingga, ada multiplier effect-nya untuk meningkatkan perekonomian warga di Desa Kedungsumber terutama yang ada di sekitar Waduk Pacal baik melalui penyewaan kapal maupun memetik buah-buahannya. “Goals-nya, kita juga bisa menjaga endemik hayati berupa iwak (ikan) gloso. Jangan sampai ikan tersebut punah karena terus menerus dikonsumsi tanpa dibudidaya,” tambahnya.

Sementara Kepala Disbudpar Kabupaten Bojonegoro, Budianto, mengapresiasi Pertamina EP Sukowati Field yang telah memberikan kontribusi dan partisipasinya dalam melestarikan lingkungan lewat program penghijauan di Waduk Pacal. “Kedepan, dengan banyaknya pohon buah yang ditanam bisa menjadi   lokasi agrowisata,” tegasnya. Pihaknya berharap, dengan waktu yang tidak lama bisa berubah menjadi lokasi wisata kebun buah dan menarik wisatawan lokal maupun luar Bojonegoro.

Salah satu warga Desa Kedungsumber, Maryati (45), sangat senang dengan rencana pengembangan agrowisata Waduk Pacal ini, semoga kedepan dengan adanya agrowisata bisa menarik perhatian masyarakat Bojonegoro untuk petik buah sehingga roda ekonomi kembali berputar. “Semoga dagangan saya berupa makanan ringan dan minuman juga laku, laris manis lagi,” pungkas ibu dua anak tersebut.

[Regional Indonesia Timur]

--