Media Contact

  • Corporate Secretary
  • Whisnu Bahriansyah
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 135

Head Office

  • Address: Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone: (021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

HSSE Gelar Pelatihan Process Hazard Analysis (PHA) di Regional Kalimantan Guna Tingkatkan Kompetensi Pewira dalam Identifikasi Bahaya dan Evaluasi Risiko Keselamatan Proses

Posted on 21-Jul-2021 04:17

Jakarta – Sejalan dengan Program Kerja HSSE mengenai pemenuhan kompetensi dan pembekalan kepada personil terkait Process Safety di setiap Regional dan Zona baik di Fungsi HSSE dan Fungsi Production & Project terkait Identifikasi Bahaya dan Evaluasi Risiko Keselamatan Proses, Fungsi HSSE Subholding Upstream dan Fungsi HSSE Regional Kalimantan bekerja sama dengan Fungsi Human Capital Regional Kalimantan menyelenggarakan pelatihan terkait Identifikasi Bahaya dan Evaluasi Risiko Keselamatan Proses. 

HSSE Gelar Pelatihan Process Hazard Analysis (PHA) di Regional Kalimantan Guna Tingkatkan Kompetensi Pewira dalam Identifikasi Bahaya dan Evaluasi Risiko Keselamatan Proses

Jakarta – Sejalan dengan Program Kerja HSSE mengenai pemenuhan kompetensi dan pembekalan kepada personil terkait Process Safety di setiap Regional dan Zona baik di Fungsi HSSE dan Fungsi Production & Project terkait Identifikasi Bahaya dan Evaluasi Risiko Keselamatan Proses, Fungsi HSSE Subholding Upstream dan Fungsi HSSE Regional Kalimantan bekerja sama dengan Fungsi Human Capital Regional Kalimantan menyelenggarakan pelatihan terkait Identifikasi Bahaya dan Evaluasi Risiko Keselamatan Proses.

Pelatihan dengan topik Process Hazard Analysis (PHA) dilakukan secara inhouse dengan sistem daring pada tanggal 13-14 Juli 2021 dengan internal trainer, Akhmad Tutus Harmantoro dari Regional Jawa – Zona 2. Pelatihan ini dihadiri oleh 30 peserta dari fungsi HSSE, Production dan Engineering.

Acara diawali dengan pembukaan oleh Defrinaldo selaku Sr Manager Safety Subholding Upstream, dilanjutkan dengan sambutan Tangkas Manuturi Siahaan selaku Sr Manager HSSE Regional Kalimantan, dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Yudi Pantja Putera, Manager Safety Regional Kalimantan.

‘‘Materi pelatihan yang akan dilaksanakan ini sangat penting untuk menunjang keberlangsungan bisnis perusahaan dengan membekali kemampuan Pewira untuk memastikan semua bahaya dalam fasilitas dapat teridentifikasi dan barrier telah ditentukan agar dapat beroperasi dalam kondisi yang aman’’, ujar Defrinaldo.

Sesi hari pertama diisi dengan penjelasan prinsip dan konsep dilakukannya PHA. Diharapkan peserta dapat memahami fungsi PHA dalam keselamatan proses, dapat mengidentifikasi bahaya, dapat mengevaluasi risiko, menentukan safeguard, mengetahui beberapa metode PHA, serta memahami cara untuk mengatur dan memimpin PHA.

Pada sesi hari kedua digelar simulasi workshop PHA dengan melakukan case study. 30 partisipan dalam pelatihan tersebut dibagi menjadi 4 kelompok dengan peran facilitator, scriber dan member yang dilakukan bergantian. Dengan simulasi workshop ini, peserta dapat mencoba beberapa metode PHA yang sudah diterima pada sesi kelas sebelumnya.

‘’Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pekerja dalam identifikasi bahaya dan evaluasi risiko keselamatan proses, yang akan berkontribusi dalam mencegah terjadinya kecelakaan besar’’, tambah Tangkas.

Pelatihan ini akan dilanjutkan dalam beberapa batch untuk memfasilitasi beberapa calon partisipan yang sudah mendaftar dan tidak bisa mengikuti karena terbatasi oleh jumlah partisipan yang bisa ikut dalam pelatihan agar tetap dapat berjalan dengan efektif.

[PHE]

--