Media Contact

  • Corporate Secretary
  • Whisnu Bahriansyah
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 135

Head Office

  • Address:Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone:(021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

Bersama Danlantamal XIII Tarakan, PHE Ambalat Timur melakukan Pembekalan Kegiatan Environmental Baseline Assessment (EBA) di Wilayah Ambalat Timur

Posted on 17-Nov-2020 12:38

Tarakan – PHE Ambalat Timur mengadakan kegiatan Pembekalan Personil Pengamanan Kegiatan Environmental Baseline Assessment (EBA) pada 12 November 2020 lalu di Tarakan, Kalimantan Utara. Kegiatan tersebut merupakan sinergitas PHE Ambalat Timur dan SKK Migas Kalsul bersama dengan Lantamal XIII Tarakan. Pembekalan dihadiri secara langsung oleh Komandan Utama Lantamal XIII Tarakan beserta jajarannya, serta SKK Migas Kalsul beserta jajarannya. Tidak hanya secara langsung, kegiatan pembekalan ini juga dihadiri secara daring oleh SKK Migas Jakarta dan rekan-rekan PHE Ambalat Timur.

Bersama Danlantamal XIII Tarakan, PHE Ambalat Timur melakukan Pembekalan Kegiatan Environmental Baseline Assessment (EBA) di Wilayah Ambalat Timur

Tarakan – PHE Ambalat Timur mengadakan kegiatan Pembekalan Personil Pengamanan Kegiatan Environmental Baseline Assessment (EBA) pada 12 November 2020 lalu di Tarakan, Kalimantan Utara. Kegiatan tersebut merupakan sinergitas PHE Ambalat Timur dan SKK Migas Kalsul bersama dengan Lantamal XIII Tarakan. Pembekalan dihadiri secara langsung oleh Komandan Utama Lantamal XIII Tarakan beserta jajarannya, serta SKK Migas Kalsul beserta jajarannya. Tidak hanya secara langsung, kegiatan pembekalan ini juga dihadiri secara daring oleh SKK Migas Jakarta dan rekan-rekan PHE Ambalat Timur.

Acara dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Manajemen PHE Ambalat Timur, yang kali ini diwakili oleh Operation Manager PHE Ambalat Timur, Djoko Mulyono. Dalam sambutannya Djoko menyampaikan, kegiatan EBA yang dilakukan oleh PHE Ambalat Timur ini merupakan kegiatan awal untuk mengidentifikasi komponen lingkungan di Blok Ambalat dan sekitarnya, serta menyiapkan peta area lingkungan sensitif baik untuk kondisi ekologi dan sosial dari daerah penelitian untuk dapat memberikan informasi dasar bagi pengelolaan lingkungan ke depannya dan masukan bagi proses pengambilan keputusan di daerah terkait dengan pengelolaan lingkungan. Djoko juga menambahkan bahwa dengan adanya sinergitas dengan SKK Migas Kalsul dan dukungan dari Lantamal XIII Tarakan yang dilakukan oleh PHE Ambalat Timur saat ini, diharapkan dapat membantu tercapainya tujuan baik dari kegiatan pelaksanaan EBA maupun kegiatan – kegiatan lainnya ke depan.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan SKK Migas  Kalsul yang di wakili oleh Roy Widiartha. Roy menyampaikan bahwa kegiatan EBA PHE Ambalat Timur sudah melakukan koordinasi baik dengan SKK Migas Kalsul, maupun SKK Migas Jakarta. Roy juga menambahkan tujuan utama pembekalan kegiatan EBA ini adalah sebagai bentuk koordinasi untuk menjaga keamaan dan mencegah akan terjadinya konflik. Roy berharap koordinasi dengan TNI AL tidak hanya berhenti di kegiatan EBA saja, namun untuk seterusnya, mengingat akan adanya kegiatan lainnya yg perlu di koordinasikan lebih jauh agar lebih harmonis dan lebih baik.

Sementara itu, Danlantamal XIII Tarakan, Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto, dalam pemaparannya menyampaikan beberapa poin yang dijadikan landasan kepada personil TNI AL   dalam menjalankan tugasnya pada pengawalan pengamanan kegiatan EBA PHE Ambalat Timur. Salah satu poin utama yang disampaikan adalah aspek keselamatan personil maupun keselamatan kapal. Bimo menyampaikan bahwa aspek keselamatan merupakan aspek penting yang harus diterapkan dalam menjalankan setiap tugas. Bimo juga memberikan arahan kepada personil yang akan on board di kapal untuk dapat mekalukan mitigasi resiko sehingga dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Bimo menambahkan kegiatan EBA PHE Ambalat Timur mendapatkan dukungan penuh dari tim Lantamal XIII Tarakan dan siap membantu dalam menjaga keamanan kegiatan di laut. Di akhir pemaparnnya, Bimo berharap kegiatan EBA dapat berjalan baik dan lancar sesuai dengan koordinasi yang baik yang telah dilakukan oleh PHE Ambalat Timur dan SKK Migas Kalsul.

Sebelum kegiatan berakhir, perwakilan dari SKK Migas Jakarta yang hadir secara daring diwakili oleh Rudi Fajar selaku Pengamanan KKKS seluruh Indonesia, menyampaikan SKK Migas telah melakukan beberapa MoU yaitu diantaranya dengan Panglima TNI AL, dan akan di tindak lanjuti dengan KASAL, TNI AD, dan juga POLRI. Sehingga diharapkan kerjasama dapat dilakukan dengan lebih baik lagi. Dalam hal kegiatan EBA PHE Ambalat Timur kali ini, SKK Migas Jakarta juga telah menginformasikan dan mengkomunikasikan dengan pihak Sopsal. Rudi menambahkan untuk tahun 2021 mendatang, sebagai bentuk tindak lanjut dari kerjasama yang terjalin melalui SKK Migas, koordinasi program – program yang melibatkan pengamanan dapat dikomunikasikan di awal agar perencanaan kegiatan dapat dikoordinasikan secara efektif.
--