Media Contact

  • Corporate Secretary
  • Whisnu Bahriansyah
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 135

Head Office

  • Address: Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone: (021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

PDSI Dukung Optimasi Guru-Siswa Memahami E-Learning

Posted on 18-Jun-2021 06:29

Indramayu - PT Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI) yang merupakan bagian dari Subholding Upstream Pertamina menyelenggarakan kegiatan CSR dengan tema program Pendidikan Karakter Berbasis E-Learning Sebagai Aktualisasi dan Esensi Pembelajaran di Era Pandemi dan Krisis Multi Dimensi pada 15-16 Juni 2021 di SMP Negeri 1 Karangampel, Indramayu. 

PDSI Dukung Optimasi Guru-Siswa Memahami E-Learning

Indramayu - PT Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI) yang merupakan bagian dari Subholding Upstream Pertamina menyelenggarakan kegiatan CSR dengan tema program Pendidikan Karakter Berbasis E-Learning Sebagai Aktualisasi dan Esensi Pembelajaran di Era Pandemi dan Krisis Multi Dimensi pada 15-16 Juni 2021 di SMP Negeri 1 Karangampel, Indramayu.

Menurut Communication and Relations Manager PDSI Dhaneswari Retnowardhani, latar belakang penyelenggaraan program karena PDSI memahami pengetahuan tentang e-learning masih sangat diperlukan di kalangan pendidikan, salah satunya untuk memastikan proses belajar-mengajar antara guru dan siswa berlangsung optimal.

“Sekalipun pelaksanaan pendidikan secara tatap muka rencananya akan kembali digiatkan beberapa saat mendatang, tetapi tidak dapat dipungkiri program pendidikan secara virtual (e-learning) telah menjadi pola kehidupan masyarakat Indonesia. Dengan program ini kami coba mendorong pengoptimalan pengetahuan di komunitas pendidikan, yang selama ini mungkin baru memahaminya secara autodidak,” tambahnya.

Pelaksanaan program yang masuk ke dalam pilar Pertamina Cerdas ini merupakan bagian dari komitmen PDSI selaku Anak Perusahaan PT Pertamina (Persero) dalam penerapan nilai-nilai Environtment, Social, and Governance (ESG). Program ini juga mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s) poin 4, yakni quality education dengan tujuan memastikan  pendidikan yang inklusif dan berkualitas.

Di hari pertama, pelatihan diikuti tidak kurang dari 50 guru yang bertugas di SMP Negeri 1 Karangampel. Adapun di hari kedua, pelatihan lebih ditujukan bagi puluhan siswa-siswi dari SMP Negeri 1 Karangampel.

Program pelatihan yang menghadirkan beberapa instruktur ini berisikan materi, seperti parenting for children, web application for e-learning, pendidikan karakter, aplikasi terapan pembelajaran jarak jauh, dan learning management system for student. Selain itu, secara khusus PDSI juga menyampaikan materi Pertamina Goes to School.

Kepala SMP Negeri 1 Rusyamsi mengucapkan terima kasih dan apresiasinya atas program CSR Sekolah E-Learning. Menurutnya, program ini sangat membantu proses pembelajaran siswa. Diungkapkannya, program Pertamina Cerdas ini mendukung bapak dan ibu guru meningkatkan pengetahuan mereka tentang sistem pembelajaran untuk siswa tanpa tatap muka.

Ditambahkan Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu Supardo, di masa pandemi ini semua sekolah melakukan pendidikan secara daring, sehingga pengetahuan tentang e-learning sangat diperlukan. “Harapan saya program ini dapat berkelanjutan dan dilaksanakan ke daerah-daerah lain di sekitar PDSI,” urainya.

[PDSI]

--