Media Contact

  • VP Relations
  • Ifki Sukarya
  • Address: PHE Tower Lantai 25
  • Pertamina Contact Center: 1500000

Head Office

  • Address:Jalan TB. Simatupang Kav 99 Jakarta Selatan 12520
  • Phone:(021) 29547000
  • Fax: (021) 29547086

PHE Buktikan Ekspektasi Pelanggan dan Stakeholders Melalui Penandatanganan Letter of PSC dan LoA

Posted on 05-Jun-2020 07:35

JAKARTA – PT Pertamina Hulu Energi (PHE) bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) lainnya menandatangani Side Letter of Production Sharing Contract (PSC) dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) dalam rangka penyesuaian harga gas bumi untuk industri tertentu dan untuk ketenagalistrikan. Side letter memiliki kekuatan yang sama dengan PSC itu sendiri. 

PHE Buktikan Ekspektasi Pelanggan dan Stakeholders Melalui Penandatanganan Letter of PSC dan LoA

JAKARTA – PT Pertamina Hulu Energi (PHE) bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) lainnya menandatangani Side Letter of Production Sharing Contract (PSC) dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) dalam rangka penyesuaian harga gas bumi untuk industri tertentu dan untuk ketenagalistrikan. Side letter memiliki kekuatan yang sama dengan PSC itu sendiri.

Side Letter of PSC merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan PSC. Side Letter of PSC menjelaskan penyesuaian bagi hasil antara SKK Migas dan KKKS dengan menggunakan provisional entitlement terhadap penerapan harga gas bumi yang ditetapkan Menteri ESDM. Penghitungan dilakukan melalui mekanisme penyesuaian perhitungan pengurangan bagian negara secara bulanan untuk menjaga penerimaan bagian KKKS.

Nantinya mekanisme dan tata cara perhitungan penyesuaian perhitungan pengurangan bagian negara itu akan dituangkan dalam petunjuk teknis yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Side Letter of PSC tersebut.

Dwi Soetjipto, Kepala SKK Migas, mengungkapkan penandatanganan kesepakatan merupakan tindak lanjut terbitnya sejumlah regulasi yang menyesuaikan harga gas untuk sektor industri dan kelistrikan.

“Pada hari ini telah ditandatangani perjanjian Side Letter of Production Sharing Contract (PSC) antara SKK Migas dengan sejumlah KKKS dan LoA antara penjual dan pembeli gas. Penandatanganan dilakukan dalam rangka memberikan kepastian hukum dan investasi terkait  adanya penyesuaian harga gas paska terbitnya sejumlah aturan dari Kementerian ESDM,” ujar Dwi, Rabu (3/6).

Penandatanganan Letter of Agreement (LoA) merupakan kelanjutan perjanjian yang sudah ditandatangani sebelumnya antara penjual dan pembeli gas bumi.   Pokok-pokok perjanjian yang diatur dalam LoA tersebut mencakup volume, harga awal, harga penyesuaian dan jangka waktu pelaksanaan.

PHE sendiri melalui beberapa anak perusahaannya, yaitu PHE Jambi Merang, PHE Ogan Komering, PHE NSO, PHE OSES, dan PHE WMO melakukan penandatanganan side letter of PSC dan LoA yang ditandatangani langsung oleh Direktur Utama PHE, Meidawati.

“Dengan penandatanganan side letter of PSC dan LoA ini, kami berharap Kontraktor KKS tetap dapat meningkatkan investasinya di Indonesia serta menjaga target produksi gas nasional,” kata Dwi.

Menurut Dwi, dengan adanya penandatanganan ini menjadi momentum yang membuktikan adanya semangat gotong royong industri hulu migas untuk ikut aktif mendukung usaha-usaha pengembangan ekonomi bangsa dan negara, melalui penyesuaian harga untuk mewujudkan pembangunan yang berkeadilan dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

--